Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Gayung Bersambut, Usulan Pendirian SMA Negeri di Sumbang Direspon Komisi C DPRD Jateng

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Keberadaan Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas sudah sangat dibutuhkan. Mengingat lokasi tersebut jauh dari SMA negeri. Gayung bersambut, saat usulan pendirian SMAN muncul dalam diskusi, langsung mendapat respon dari Ketua Komisi C DPRD Jateng, Bambang Hariyanto Bachrudin.

Pada kesempatan tersebut, BHB, sapaan Bambang Hariyanto Bachrudin menyampaikan, bahwa untuk pendirian SMA negeri harus ada sharing antara Pemprov Jateng dan Pemkab Banyumas. Sehingga dibutuhkan koordinasi lebih lanjut.

“Saya sepakat, jika Kecamatan Sumbang ini sudah waktunya memiliki SMA negeri, namun memang ada ketentuan yang harus dijalankan, yaitu sharing antara pemprov dan pemkab. Dimana pemkab yang menyediakan lahan dan pemprov yang membiayai pendirian bangunan”, jelasnya dalam diskusi ‘Menggagas Pendirian SMA/SMK negeri di Kecamatan Sumbang’.

Hal senada juga disampaikan Camat Sumbang, Hermawan Novianto yang menyampaikan sangat setuju dengan usulan pendirian SMA/SMK negeri di Kecamatan Sumbang. Dia juga mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh Ketua Komisi C DPRD Jateng tersebut, sehingga aspirasi warga Sumbang dapat tersampaikan dan warga memahami mekanisme pendirian SMA negeri.

“Sebelumnya sudah pernah dibahas, namun masih informal. Setelah acara ini akan kami tindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama pemkab”, kata Hermawan.

Jarak dan Zonasi

Usulan pendirian SMA negeri di Sumbang antara lain disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Susukan, Dwi Rintasari. Ia menceritakan tentang banyaknya warga Kecamatan Sumbang yang kesulitan mendapatkan sekolah negeri untuk anak-anaknya. Mengingat kecamatan terdekat, yaitu Kecamatan Kembaran juga tidak memiliki SMA negeri.

“Untuk mendaftar ke SMA negeri di kecamatan yang lebih jauh, selain terkendala jarak tempuh, juga ada sistem zonasi. Sehingga bagi warga yang mampu, anak-anaknya ada yang kemudian bersekolah di swasta”, ungkapnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.