Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Cabup/Cawabup Wonogiri Ramai2 Mendaftar Lewat Partai Demokrat

0

 

METROJATENG.COM WONOGIRI  Ketua DPC Partai Demokrat Wonogiri, Wawan Haryono, mengatakan hingga Jumat (14/6) pagi, sudah ada tiga tokoh yang mendaftar sebagai cabup atau cawabup Pilkada Wonogiri 2024. Mereka adalah Tarso ( mendaftar sebagai Calon Bupati ), dan dua kader internal Partai Demokrat  yang mendaftar sebagai calon wakil bupati yakni Novida Hermin Suhaswati dan Frits Yohanes.

‘’Rencananya, Jumat Siang nanti ada empat orang yang akan datang utuk mendaftar sebagai cabup atau cawabup Pilkada Wonogiri 2024.  Yang sudah melakukan konfirmasi yakni Sugiyatno pengusaha sukses di Jakarta tapi kelahiran Kecamatan Manyaran, Siti Hardiyani (sekarang wakil Ketua DPRD Wonogiri dari Gerindra), Indra (Pengusaha, tinggal di Kecamatan Wuryantoro) dan Wardani,’’ kata Wawan.

Walaau sudah ada beberapa yang mendaftar cabup atau cawabup Pilkada Wonogiri 2024 lewat Partai Demokrat, namun partai ini tidak dapat mengusung sendirian karena hanya memperoleh dua kursi di DPRD Wonogiri. Sehubungan dengan itu, Wawan mengaku sudah melakukanpendekatan dengan partai lain agar dapat memenuhi syarat untuk mengusung cabup/cawabup.‘’Yang sudah melakukan komunikasi diantaranya Partai Gerindra, PAN dan PKB. Sedangkan dengan PKS dan Partai Golkar masih melakukan penjajagan,’’ katanya.

Seperti diketahui,  jumlah  DPRD Wonogiri sebanyak 50 kursi, perinciannya adalah
PDIP (27 Kursi),  Golkar ( 7 Kursi) PKB ( 2 Kursi)  Gerindra (4 Kursi)  PKS (5 Kursi) Demokrat (2 Kursi) PAN ( 3 Kursi).

Ambang batas parpol atau gabungan parpol bisa mengusung cabup-cawabup paling sedikit 20% kursi di lembaga legislatif atau memperoleh 25% dari akumulasi suara sah Pemilu terakhir.Dengan jumlah 50 kursi di DPRD Wonogiri, parpol atau gabungan parpol minimal harus memiliki 10 kursi untuk berhak mencalonkan cabup-cawabup. Dengan komposisi perolehan kursi pada Pemilu 2024, satu-satunya parpol yang berhak mengusung cabup-cawabup Wonogiri tanpa perlu berkoalisi dengan parpol lain yaitu PDIP.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.