Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sambangi OPD, Pj Sekda Agus Nur Hadie Belanja Masalah dengan Membuka Sesi Curhat

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Pj Sekda Banyumas, Agus Nur Hadie menyempatkan diri menyambangi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di sela-sela kesibukannya. Hal tersebut dilakukan, untuk mengetahui kondisi OPD secara langsung dari dekat, bahkan ia membuka sesi curhat dengan para staf OPD yang dikunjunginya.

Seperti yang dilakukan pada Senin (27/5/2024), usai mewakili Pj bupati Banyumas menghadiri acara, Agus menyempatkan diri singgah di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas.

“Sekda kan juga selaku kepala BPBD, sehingga saya ingin mengetahui secara langsung kondisi BPBD, gudangnya berisi apa saja, kendaraan operasionalnya seperti apa dan lain-lain. Kebetulan ada jeda waktu antara acara yang habis saya hadiri dengan agenda berikutnya, sehingga saya mampir ke kantor BPBD Banyumas”, tuturnya dalam perbincangan bersama Metrojateng.com.

Kedatangan Agus yang tanpa pemberitahuan ini, cukup mengejutkan BPBD. Melihat keterbukaan Pj Sekda dalam berkomunikasi, kepala hingga staf BPBD pun tanpa ragu menceritakan kondisi BPBD yang merupakan ujung tombak penanganan bencana di Banyumas.

Dari kunjungan mendadak dan obrolan bersama BPBD, Agus menyatakan, kondisi BPBD Banyumas cukup memprihatinkan. Ia mencontohkan, perahu yang dimiliki BPBD ada tambalan di sana-sini, kemudian kondisi kendaraan yang biasa digunakan untuk mengangkut logistik ataupun perlengkapan kebencanaan kurang layak. Dan yang paling krusial adalah, belum terbangunnya persamaan persepsi antara BPBD dengan OPD lain terkait penanganan bencana.

“Misalnya terjadi satu bencana, BPBD langsung bergerak, seharusnya Dinsospermasdes yang mempunyai dapur umum juga turut mendukung, kemudian Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang punya alat berat juga turut mendukung. Namun yang terjadi, kedua dinas tersebut tidak memiliki anggaran terkait kegiatan kebencanaan. PU memang memiliki alat berat, tetapi tidak memiliki anggaran untuk mengoperasikan alat berat, selama ini anggran masih mengandalkan CSR”, terang Agus.

Agus menegaskan, harus dibangun kesamaan persepsi antar OPD, sehingga penanganan bencana dapat cepat dilakukan dan tuntas. Atas fakta-fakta yang ditemui tersebut, Agus akan menindaklanjutinya dengan pembahasan lebih lanjut lintas OPD.

Caption Foto : Pj Sekda Banyumas, Agus Nur Hadie memberikan arahan kepada Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho, Senin (27/5/2024). (Foto : Hermiana).

 

Kesibukan Meningkat

Agus mengakui, selama menjabat sebagai Pj Sekda, kesibukannya meningkat. Jika dulu ia hanya mengurusi administras, maka sekarang selain mengurus administrasi juga ada bidang-bidang lain yang harus ditangani, termasuk juga dalam membagi tugas dan tanggungjawab kepada beberapa OPD maupun asisten.

“Sabtu dan MInggu kemarin juga, acaranya full. Sehingga jika ada waktu luang diantara kegiatan, saya usahakan untuk menyambangi OPD”, ucapnya.

Sementara itu, terkait berbagai macam tugas yang pada saat pelantikan disampaikan oleh Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, sudah ditindaklanjuti oleh Pj Sekda. Untuk evaluasi, lanjut Agus, memang dilakukan rutin setiap minggu, namun progress tidak harus mingguan, karena juga bergantung pada banyak hal.

“Terkait skenario APBD misalnya, saya sudah mengundang BKAD dan Bapenda untuk menyusun skenario pada perubahan anggaran nanti. Yang harus menjadi prioritas adalah menyelesaikan program unggulan Pj Bupati, yaitu pengentasan kemiskinan serta infrastruktur, setelah itu sisa anggaran baru masuk ke OPD-OPD. Kita juga harus menerapkan efisiensi anggaran pada perubahan nanti”, pungkasnya. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.