Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Dosen UIN Saizu Raih Certificate of Completion di Australian Award Indonesia

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO –  Dosen yang juga pengurus Halal Center Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, Oki Edi Purwoko berhasil meraih Certificate of Completion dari kegiatan Beasiswa Halal Standards and Certification Short Course di Australian Award Indonesia.

Dosen Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwokerto ini menulis karya akhir berjudul ‘Global Halal Standard Initiative: Comparation of Halal Standards Between Indonesia and Australia’. Dalam karyanya Oki membahas tentang tingginya demand atas produk halal yang terjadi di seluruh dunia merupakan lanjutan dari meningkatnya demografi muslim secara keseluruhan.

“Namun perkembangan demand ini juga diikuti dengan munculnya lembaga halal di setiap negara dengan standard yang berbeda-beda”, terangnya, Rabu (5/6/2024).

Hal tersebut, lanjutnya, berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan dari konsumen, tidak hanya muslim namun juga pelaku bisnis non-muslim. Menurut Oki, perbedaan standard halal antarnegara, akan menyulitkan perdagangan komoditi halal di dunia.

“Di Australia sendiri ada lebih dari 25 halal standar dari institusi yang berbeda-beda, di Indonesia bahkan ada perusahaan skala besar yang masih mengalami kesulitan melakukan ekspor daging ayam karena perbedaan standard dengan UEA”, ungkapnya.

Studi ini akan dilanjutkan dengan keterlibatan Akademisi University of Queensland yang diwakili oleh Professor Yasmina Sultanbawa dan Associate Professor Ammar Abdul Aziz. Selain dari pihak Australia, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI di Indonesia juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait terciptanya standar global halal tersebut.

Terpisah, kepala Bagian Tata Usaha Keuangan BPJPH, Drs. Muhammad Zen menyampaikan, yang paling update adalah rencana kegiatan Unity of World Halal Certification Body, yang kemungkinan akan segera terselenggara di tahun ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.