Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Polres Kebumen Kembali Gelar Aksi Kesehatan Berlayar

0

METROJATENG.COM, KEBUMEN – Polres Kebumen kembali menggelar aksi kesehatan berlayar. Satpolairud bersama Sidokkes Polres Kebumen melakukan Cek Kesehatan Berlayar (CKB) kepada para nelayan di wilayah Kebumen, Kamis (16/5/2024).

Kapolres Kebumen, AKBP Recky melalui Kasi Humas Polres Kebumen, AKP Heru Sanyoto mengatakan, CKB dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para nelayan. Sehingga para nelayan lebih terjamin keselamatannya saat melaut, serta lebih maksimal saat mencari ikan di laut.

“Pengecekan melalui laboratorium ringan. Ada pengecekan tensi tekanan darah, asam urat, gula darah, hingga kolesterol”, jelas AKP Heru.

Kali ini giliran Rukun Nelayan TPI Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, yang dilakukan pengecekan kesehatannya. Pengecekan dilakukan sebelum kegiatan lelang ikan dimulai, di TPI Karangduwur.

Jika ditemukan gangguan kesehatan, para nelayan diberi obat agar kondisi membaik. Total ada 110 nelayan dan warga sekitar TPI yang mengikuti CKB pada kesempatan itu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kebumen, Bejo mengatakan, kegiatan CKB sangat membantu nelayan serta warga sekitar. Bejo juga berharap, CKB bisa dilaksanakan secara berkala dan berpindah-pindah, supaya bisa menjangkau seluruh nelayan di Kebumen.

“Kegiatan ini sangat perlu dan penting dilakukan. Jika nelayan sehat, tentu akan lebih produktif lagi dalam mencari ikan”, ungkapnya.

Di Kabupaten Kebumen sendiri, kurang lebih terdapat 3.000 nelayan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.