Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Calon Perseorangan Pilkada Banyumas Sepi Peminat

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas tetap melakukan sosialisasi terkait pencalonan perseorangan dalam Pilkada Banyumas 2024, meskipun sampai saat ini masih sepi peminat. Anggota KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Sidiq Fathoni mengatakan, sampai hari ini belum ada calon perseorangan yang berkonsultasi ke KPU.

“Sampai hari ini belum ada calon perseorangan yang berkonsultasi ataupun menanyakan persyaratan ke KPU Banyumas”, jelasnya, Sabtu (4/5/2024).

Meskipun begitu, lanjutnya, KPU tetap berkewajiban untuk menyosialisasikan calon perseorangan ke publik. Dimana pengumuman calon perseorangan akan dilaksanakan mulai besok, Minggu (5/5/2024) hingga Selasa (7/5/2024). Sedangkan untuk penyerahan dukungan dilaksanakan mulai tanggal 8-12 Mei mendatang.

“Untuk calon perseorangan harus menyerahkan dukungan sebanyak 89.974 orang yang tersebar pada 14 kecamatan di Banyumas”, terangnya.

Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi administrasi syarat dukungan yang dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

Sepanjang sejarah, Pilkada Banyumas baru satu kali yang terdapat calon perseorangan yaitu pada Pilkada Banyumas Tahun 2013. Calon perseorangan yang maju sampai dua pasang. Namun, setelahnya jalur partai yang lebih banyak diminati, termasuk dalam PIlkada Banyumas 2024 ini.

Beberapa bakal calon bupati ataupun wakil bupati Banyumas lebih memilih untuk mendaftar melalui jalur partai, baik dari kader partai ataupun yang bukan kader. Sekalipun harus mengadu keberuntungan untuk medapatkan rekomendasi, mereka tetap berebut memilih jalur partai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.