Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Yuk…! Ikutan Lomba Animasi Feat Yamaha Moving Forw(Art) with Yamaha Fazzio

*Yamaha 2 Universty with Udinus Semarang

0

METROJATENG.COM, SEMARANG- Setelah sukses menggelar beragam aktitivitas ditingkat SMK yang dikemas dalam Yamaha to School tahun kemarin, kini Yamaha kembali menggelar aktivitas serupa, namun kini perguruan tinggi yang menjadi bidikanya.

Dan kali ini, Universitas Dian Nusantara (Udinus) Semarang yang dipilih untuk pertamakalinya di program ini. Dan tak tanggung-tanggung, gebrakan pertama yang digelar Yamaha dengan Udinus adalah Lomba animasi bertajuk Udinus Animasi Feat Yamaha Moving Forw(Art) with Yamaha Fazzio.

Lomba dengan kategori 2D dan 3D Animation Competition dalam bentuk Poster Ilustration secara umum dibagi menjadi 2 kategori, yakni kategori SMA/SMK dan Kategori Mahasiswa/Umum. Selain itu, karya animasi peserta bersifat individu/kelompok, dan hanya boleh mengumpulkan 1 karya.

Ketentuan lain dalam lomba adalah karya tersebut harus orisinil, belum pernah dilombakan dan tidak mengandung unsur SARA, Pornografi dan Kekerasan. Untuk lomba ini, pihak Udinus menyediakan total hadiah uang sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan puluhan juta rupiah beasiswa yang disediakan oleh Udinus.

“Sesuai komitmen Yamaha, kami akan dengan senang hati bekerjasama dengan instiusi pendidikan untuk meningkatkan skill dan kualitas dari beragam kegiatan yang dilaksanakan institusi pendidikan. Karena Yamaha mempunyai tanggungjawab moral untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas dari mahasiswa atau siswa. Dan saat ini kami bekerjasama dengan Univeritas Dian Nusantara menggelar Lomba Animasi, karena kami meyakini dunia animasi dari waktu ke waktu terus meningkat kebutuhannya, dan Yamaha bersama Udinus ingin terus meningkatkan kualitas animasi melalui lomba semacam ini,” terang Paul Himawan Cief DDS 3 Jateng-DIY PT Yamaha Indonesia Manufacturing usai penandatanganan MOU di Kampus Udinus, Semarang, Jumat (3/5).

MOU ditandatatangani oleh Paul Himawan selaku Cief DDS 3 Jateng-DIY PT Yamaha Indonesia Manufacturing dengan Pendiri sekaligus Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom yang didampingi seluruh wakil rektor dan beberapa dekan fakultas dan ketua jurusan.

Rangkaian Program Yamaha 2 Universty with Udinus Semarang yang dimulai dengan Lomba Animasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan Seminar tentang Animasi yang akan dilaksanakan diakhir bulan Mei 2024 mendatang, dan rangkaian program ini akan ditutup bersamaan dengan awarding lomba animasi.

Dalam kesempatan tersebut, Edi Noersasongko menyambut baik jalinan kerjasama dengan Yamaha. Karena untuk meningkatkan kualitas dari hasil pendidikan, baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi tidak hanya bisa dilakukan oleh institusi pendidikan, tapi dari pihak industri yang nantinya akan menggunakannya.

“Jadi saya sangat antusias dan menyambut positif kerjasama dengan Yamaha untuk Lomba Animasi kali ini, dan tentu saja kerjasama antara Udinus dengan Yamaha bisa dilanjutkan di bidang lain”, tambah Edi.

Dijelaskan Edi juga, sejak perguruan tinggi yang dipimpinnya membuka Program Studi Desain Komunikasi Visual, dari tahun ke tahun antusiasmenya terus meningkat. Hal ini menunjukkan kalau kebutuhan bidang animasi oleh dunia industri demikian besarnya, dan rata-rata alumni DKV Udinus langsung terserap oleh dunia kerja dan juga tidak sedikit yang mmebuka lapangan usaha sendiri.

“Hal ini menunjukkan kalau dunia design komunikasi visual yang antara lain di dalamnya ada animasi, sangat dibutuhkan oleh industri yang terus berkembang ini,” tutur Edi menambahkan.

Bagi calon peserta yang berminat, untuk mengikuti lomba ini dapat mendaftar secara online melalui website animasi.udinus.ac.id dan @yamahajateng. Untuk batas pengumpulan hasil karya tanggal 1 Juni dan pengumuman finalis akan dilaksanakan tanggal 17 Juni.

Sedangkan untuk awarding akan dilakukan di tanggal 28 Juni 2024. Nah, siap ikutan lomba animasi ini? Nih untuk info lebih lanjut bisa kontak dengan Kak Ria (0895-2319-9088) atau Kak Livia (0896-3976-0500). (lan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.