Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Usai Lebaran, Pemohon Kartu Pencari Kerja di Purbalingga Melonjak

0

METROJATENG.COM, PURBALINGGA – Permohonan pembuatan Ak1 atau kartu tanda pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Kabupaten Purbalingga melonjak hingga lebih dari dua kali lipat usai Lebaran. Pemohon memadati Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purbalingga.

Petugas Dinnaker Purbalingga di MPP, Suharmanto mengatakan, pemohon AK1 di hari biasa hanya sekitar 50 orang. Namun, sejak usai Lebaran ini meningkat menjadi  sekitar 150 hingga 200 pemohon setiap harinya.

“Jumlah pemohon AK1 meningkat signifikan, sampai 150-200 per hari, padahal biasanya hanya kisaran 50 orang tiap harinya”, jelasnya.

Menurut Suharmanto, mayoritas pemohon AK1 untuk keperluan mendaftar atau melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Kabupaten Purbalingga.

“Kebanyakan untuk kerja di Purbalingga”, tuturnya.

Bagi para pencari kerja, Suharmanto mengatakan untuk pengajuan permohonan AK1 bisa dilakukan pendaftaran melalui aplikasi e-Makaryo terlebih dahulu agar antrian tidak terlalu lama. Dia menambahkan, lokat Dinnaker di MPP Purbalingga saat ini bisa melayani pembuatan AK1 dan rekomendasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk ke luar negeri.

“Lonjakan pemohon AK1 juga biasa terjadi setelah kelulusan anak sekolah atau SMK”, pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.