Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Diperkirakan 30.000 Lebih Pemudik Masuk Wonogiri, Ini Persiapan Dishub

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI – Sebanyak 30.000 lebih kendaraan pemudik diperkirakan akan masuk ke wilayah Wonogiri, baik dari pemudik lokal maupun yang melintas. Berbagai persiapan sudah dilakukan Dinas Pehubungan (Dishub) Wonogiri, mulai dari pengecekan jalur mudik hingga mempersiapkan posko-posko.

Kepala Dishub Kabupaten Wonogiri, Waluyo mengatakan, pihaknya bersama intansi lainnya, telah melakukan pengecekan jalur, termasuk menentukan titik-titik posko. Jalur alternatif serta upaya rekayasa lalu-lintas juga sudah disiapkan bersama jajaran Polres Wonogiri.

“Diperkirakan lebih dari 30.000 pemudik masuk ke Wonogiri, baik yang menggunakan mobil ataupun sepeda motor serta kendaraan umum”, terangnya.

Lebih lanjut Wayulo menjelaskan, pihaknya menyiapkan sejumlah jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Hanya saja, untuk penerapan rekayasa lalu lintas masih melihat kondisi lalu lintas saat arus mudik Lebaran nanti.

Salah satu skema jalur alternatif yang disiapkan Dishub adalah memanfaatkan jalur lingkar kota (JLK). skema ini dilakukan jika terjadi penumpukan kendaraan di pusat kota. Kendaraan akan diarahkan agar tidak masuk pusat kota, sehingga bisa memecah kemacetan.

“Penerapan rekayasan lalu lintas, situasional, tergantung tingkat kemacetan dan kapasitas unit kendaraan yang melintas di Wonogiri. Sedang untuk jalur alternatif, kita siapkan jalur lingkar kota”,jelas Waluyo.

Selain berbagai persiapan di atas, Dishub Wonogiri juga terus memperbaiki rambu-rambu lalu lintas serta menambah penunjuk jalan sebagai informasi bagi pemudik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.