Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Manis Renyah Geti Wijen Wonogiri Jadi Oleh-Oleh Favorit Pemudik

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI – Mudik ke kampung halaman, tak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh. Bagi warga asli Wonogiri yang mudik dari luar kota, kuliner khas yang satu ini menjadi oleh-oleh favorit. Geti wijen, camilan manis-gurih yang menggoda lidah untuk terus menikmatinya.

Geti wijen merupakan makanan tradisional khas Wonogiri dengan rasa manis, renyah, gurih dan alot. Istilah geti diambil dari ungkapan bahasa jawa, ‘digeget kroso ning ati’  atau digigit terasa di hati.

Geti sebenarnya sudah sejak lama dikonsumsi oleh masyarakat Wonogiri. Namun, pada tahun 1950-an makanan tradisional ini baru dijadikan sebagai industri rumah tangga dan dipasarkan ke berbagai daerah di luar Wonogiri. Geti tidak hanya bisa ditemukan di Wonogiri saja, namun beberapa tempat di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga mengenal geti. Bedanya, geti khas Wonogiri berbahan dasar wijen bukan kacang tanah seperti kebanyakan geti.
Geti dibuat dengan bahan dasar wijen, gula jawa dan jahe. Biji wijen, bahan utama geti Wonogiri, merupakan salah satu komponen yang tidak banyak digunakan di daerah lain. Sering kali bahan makanan satu ini hanya digunkan sebagai pelengkap saja. Namun, di Wonogiri biji wijen diolah sehingga menjadi bahan utama pembuatan geti.

Sekilas tampilan Geti Wijen Wonogiri, tampak seperti enting-enting. Namun ada perbedaan mendasar, yaitu enting-enting dibuat dengan bahan utama kacang tanah. Dengan campuran gula yang tak sebanyak enting-enting, geti memiliki rasa renyah dan manis dengan ciri khasnya sendiri.

Wijen yang mengumpal pada geti merekat karena adanya campuran jahe dan rebusan gula jawa dan paling cocok dimakan bersama kopi atau teh hangat. Geti memiliki rasa yang manis dipadu dengan rasa gurih dan teksturnya yang lengket namun renyah menjadi citrarasa unik dari geti wijen yang tentunya disukai banyak orang.

Bagi pemudik luar kota yang ingin mendapatkan geti wijen ini, bisa berkunjung ke Geneng, Wonogiri Kota, yang merupakan salah satu daerah produksi geti wijen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.