Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Waspadai Jalur Mudik Rawan Banjir di Jateng !

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Bagi pemudik yang hendak melintas di wilayah Jawa Tengah (Jateng), harus mewaspadai beberapa titik rawan banjir yang tersebar di beberapa wilayah Jateng. Mengingat saat ini, curah hujan masih tinggi, sehingga genangan air masih berpotensi terjadi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Provinsi Jateng, Hanung Tryono menyampaikan, sebagian besar jalan-jalan yang rawan banjir, berada di beberapa kabupaten/kota di jalur pantura. Menurutnya, hampir semua ruas jalan nasional dan jalan provinsi di pantura rawan banjir.

“Ruas jalan di pantura sangat rawan banjir, sedang untuk jalur selatan, wilayah yang rawan banjjir beradi di jalur Cilacap-Banyumas-Kebumen-Purworejo”, terangnya.

Dari peta daerah rawan banjir DPU BMCK Jateng, untuk ruas jalan provinsi di pantura yang terpetakan kategori sedang-tinggi rawan banjir berada di Ketanggungan-Kersana-Bantarsari, Jatibarang-Ketanggungan, batas Kabupaten Pemalang-Kebonagung, Wiradesa-Kalibening dan Kebonagung-batas Kabupaten Batang. Kemudian di Batang-Wonotunggal-Surjo, Weleri-Patean, Semarang-Godong, Tegowanu-Tanggung-Kapung dan Gubug-Kapung-Kedungjati.

Selain itu di ruas jalan Demak-Godong, Godong-Purwodadi, Purwodadi-batas Kabupaten Grobogan, Lingkar Utara Purwodadi, Purwodadi-Wirosari, Lingkar Selatan Purwodadi, Purwodadi-Geyer dan Kuwu-Galeh, Wirosari-Sulursari-Singget, Wirosari-Kunduran, Singget-Doplang-Cepu, Juwono-Todanan dan Keling-Tayu. Kemudian di Jepara-Kedungmalang-Pecengaan, Jati-Klambu, Pati-Kayen-Sukolilo, Jalan Lingkar Selatan Pati, Pati-Tayu, Gemeces-Lingkar Selatan Pati, Juwono-Todanan dan Lasem-Sale juga rawan banjir.

Sedangkan untuk ruas jalan provinsi di jalur selatan yang terpetakan rawan banjir berada di Sidareja-Cukangleusleus, Sidareja-Karangpucung, Menganti-Kesugihan dan Buntu-Kroya-Slarang. Kemudian di Gembong-Sempor-Ketileng, Prembun-Wada Slinting, Kutoarjo-Bruno dan Kutoarjo-Ketawang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.