Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bukber Go Green UMP, Bangun Kesadaran Kampus Ramah Lingkungan

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk membangun spirit kampus hijau. Melalui acara ‘Ngaji Bareng dan Bukber Go Green’ pada Selasa (26/3/2024), UMP mengajak para mahasiswa untuk mulai meninggalkan penggunaan barang-barang yang tidak ramah lingkungan.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan, spiritnya adalah membangun kesadaran kampus hijau yang ramah lingkungan. Dengan diawali kegiatan buka besama menggunakan alas daun pisang dan tanpa air minum kemasan. Sebaliknya, para mahasiswa diminta membawa tumbler sendiri sebagai alat minum.

“Ada 3.000 an mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini. Berawal dari momentum Ramadhan ini dan akan berkelanjutan, dengan langkah-langkah teknis, seperti kampus menyediakan air minum dalam gallon yang bisa untuk isi ulang keperluan minum mahasiswa setiap harinya, nanti akan kita tindaklanjuti”, terangnya.

Dengan mengadopsi prinsip-prinsip go green dalam kegiatan sehari-hari, lanjutnya, UMP berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga alam bagi keberlangsungan hidup manusia.

Rektor UMP mengungkapkan, Islam sudah memberikan sinyal, bahwa kerusakan di bumi karena tingkah mahluk-mahluknya. Dan sebagai perguruan tinggi, UMP harus memberikan manfaat bagi sesame dan alam semesta.

“Ikhtiar kita dimulai dari sekarang, kampus akan dikelola serius dalam menghindari sampah plastik, ke depan bisa ditingkatkan dengan pengolahan sampah dan seterusnya, bertahap namun berkelanjutan dan berkomitmen mewujudkan kampus go green”, ucap Rektor.

Caption Foto : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) antusias mengikuti bukber go green dengan nasi rames. (Foto : Hermiana).

 

Basis Keislaman

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI) UMP, Dr Asep Daud Kosasih MAg menambahkan, bahwa program yang dicanangkan oleh UMP memiliki basis keislaman yang kuat.

“Memelihara alam dan lingkungan merupakan amal soleh yang bersifat jariah, sesuai dengan ajaran agama Islam”, tuturnya

Pada kesempatan tersebut, meskipun hanya berbuka dengan nasi rames, ribuan mahasiswa UMP, termasuk mahasiswa asing terlihat antusias mengikuti ngaji dan bukber go green.

Leave A Reply

Your email address will not be published.