Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

KPU Buka Pendaftaran Pemantau Pilkada 2024

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran akreditasi untuk lembaga pemantau Pilkada 2024. Pendaftaran lembag pemantau ini mulai dibuka 27 Februraihingga 16 November 2024.

Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat mengatakan, pendaftaran pemantau untuk pilkada dilakukan sesuai tingkatan. Dimana untuk pemantau pemilihan asing mendaftar ke KPU RI dan harus menyertakan rekomendasi dari kementrian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri guna mendapatkan akreditasi.

Akreditasi pemantau pemilihan gubernur/wakil gubernur diberikan oleh KPU provinsi. Sedangkan pemilihan wali kota/wakil wali kota dan bupati/wakil bupati diberikan oleh KPU kabupaten/kota.

“Tahapan pilkada sudah mulai dilakukan dan pertama adalah dengan dibukanya pendaftaran akreditasi untuk lembaga pemantau pemilu. Berbeda dengan Pemilu 2024 yang dilakukan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akreditasi pemantau Pilkada 2024 dilakukan oleh KPU”, terangnya.

Sebagaimana diketahui, lembaga penyelenggara pemilu dan pembentuk undang-undang menyepakati Pilkada 2024 digelar pada 27 November. Namun, pemerintah berniat memajukannya ke bulan September 2024. Hingga saat ini belum ada kesepakatan pasti, sementara di Mahkamah Konstitusi (MK) terdapat gugatan untuk mengundur sebagian atau seluruh pemungutan suara ke tahun 2025.

Leave A Reply

Your email address will not be published.