Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Meriahkan Imlek 2024 Tahun Naga Kayu, CITO Gelar Gathering Pelanggan Perkenalkan Farmakogenomik

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG – Laboratorium Medis CITO dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2024 yang bertepatan dengan tahun Naga Kayu bersama para pelanggan setia menggelar gathering dengan tema

“Menyongsong Hoki dan Sehat di Tahun Naga 2024”.Acara ini menghadirkan serangkaian sesi menarik yang dikemas secara apik dan Healthy Talkshow, “Kenali Tubuhmu, Pasti Beruntung”, yang dihadiri 

CEO Laboratorium Medis & Klinik Cito Grup, Dr Haryadi Ibnu Junaedi, SpB dan 250 peserta.P ada talkshow ini, para peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang kesehatan jantung dan manfaat status Farmakogenomik dalam penggunaan obat-obatan sesuai profil genetic kita .

Hadir sebagai narasumber  dr. Lonah, Sp.FK, dokter ahli di bidang Farmakologi Klinik dan dr. Harry Pribadi, Sp.JP, FIHA, dokter Spesialis Jantung.

Dr Harry SpJP membahas tentang cara penanganan penyakit jantung yang banyak diderita oleh masyarakat, sejak diagnosa , kapan harus segera konsultasi ke dokter dan lifestyle yang harus dilakukan.Laboratorium medis Cito menyediakan berbagai Paket pemeriksaan factor risiko Penyakit Jantung, mulai dari paket Sindroma Metabolik, Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner, Monitor Penderita Hipertensi, hingga pemeriksaan Petanda Penyakit

Jantung ( Cardiac Marker) yang lebih spesifik, seperti CRP untuk memprediksi risiko terjadinya penyakit  kardiovaskular, diabetes mellitus, dan sindrom metabolic.

Troponin I berfungsi sebagai  biomarker yang sangat  sensitif dan spesifik pada nekrosis miokardium dan  untuk diagnosis infark miokard   akut.

Troponin T penting dalam diagnosis serangan jantung  karen dilepaskan ke aliran  darah ketika terjadi kerusakan pada otot jantung..

Apo-A1 & Apo B berfungsi untuk menilai kejadian aterosklerosis. Rasio  apoB/apoA1 merupakan  penanda kuat risiko penyakit kardiovaskular.

Small Dense-LDL (sd-LDL) terbentuk karena terjadi gangguan metabolisme  lipoprotein seperti: obesitas, diabetes mellitus, dan sindrom  metabolic.

Lipoprotein (a) adalah salah  satu jenis LDL (low density  lipoprotein). LDL dapat menyebabkan penumpukan  plak dalam aliran darah,  sehingga memperlambat   aliran darah arteri. Semakin  tinggi Lp (a) dalam darah,   semakin tinggi juga risiko penyakit kardiovaskuler  (jantung koroner dan stroke).

T-pro BNP digunakan  sebagai biomarker dalam diagnosis dan treatment  dalam gagal jantung dan   penyakit jantung lainnya.

K-MB umumnya digunakan  sebagai biomarker dalam  infark miokard akut, karena pada kondisi tersebut akan meningkat 3-12 jam setelah  sel miokard rusak,lalu  puncaknya 24 jam dan akan kembali normal setelah 48-72  jam.

Dalam kesempatan ini, Dr Lonah SpFK membahas berbagai hal tentang Pemeriksaan Farmakogenomik Cito, yang menempatkan Personal Medicine sebagai fokus utama.

Personal Medicine memungkinkan terapi yang diberikan oleh dokter untuk memberikan efek maksimal yang sesuai dengan profil genetik pasien. Pemeriksaan pharmacogenomic, adalah sebuah tes DNA non-invasif yang dapat melihat respon tubuh terhadap lebih dari 160 jenis

obat-obatan umum dengan mendeteksi SNP (single nucleotid). Cukup dengan melakukan pemeriksaan sekali seumur hidup, pasien dapat memperoleh informasi yang sangat berharga ini. 

Status Pharmacogenomic ini sangat bermanfaat bagi pasien khususnya pengguna obat-obatan jangka Panjang, antara lain penderita Diabetes Mellitus, Hipertensi,

Gastritis, Peningkatan asam urat, anti kolesterol , Penderita penyakit jantung, 

Obat-obaan psikoanaleptik juga obat-obatan flu, batuk dan masih banyak lagi. Rekaman Hasil pemeriksaan dapat disimpan dalam bentuk soft file di Handphone anda , sehingga sewaktu-waktu dapat dibuka bila dibutuhkan. Hasil pemeriksaan tersebut dapat dikonsultasikan dengan dokter anda , maupun dokter Spesialis Farmakologi Klinik Cito bila dibutuhkan.

 

Dalam acara ini, para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu yang berharga dari para

narasumber tersebut, tetapi juga dapat menikmati suasana yang meriah sesuai dengan tradisi perayaan Imlek serta kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi. Hal ini lebih terasa, pada saat acara makan malam yang diawali dengan tradisi hidangan “YEE SHANG” yang mewakili harapan akan kelimpahan hidup di tahun yang baru.

Menyadari bahwa kesehatan dan kesejahteraan saling terkait, sesi kedua mengangkat tema

prospek bisnis dan keberuntungan di tahun Naga 2024. Adapun sebagai Narasumber adalah Mas Dian, MRE, ahli Fengshui yang sudah sangat dikenal, khususnya di lingkungan warga Jawa Tengah & Nasional , yang memberikan wawasan menarik tentang bagaimana mengoptimalkan peluang bisnis dan keberuntungan di tahun yang baru.

Direktur Utama Laboratorium Cita Dyah Anggreini mengatakan tahun ini CITO memasuki usia yang ke 57, dan telah mengoperasikan 25 cabang di 17 kota besar di Indonesia.

“Saat ini, Cito dengan bangga menyampaikan, bahwa Cito telah memiliki 2 Cabang Laboratorium Medis Umum Utama pertama di Indonesia, yaitu merupakan Laboratorium medis, dengan kemampuan pelayanan pemeriksaan laboratorium dari 4 bidang Spesialisasi Laboratorium yaitu Dokter Spesialis Patologi Klinik, Dokter Spesialis Patologi Anatomi, Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik , Dokter Spesialis Parasitologi Klinik serta dilengkapi dengan Dokter Spesialis Andrologi dan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik,” ungkapnya.

Menurutnya ini adalah upaya CITO dalam memberikan layanan yang lebih komprehensif dan berkualitas serta lebih dari sekadar pemeriksaan kesehatan, tetapi juga menjadi sahabat bagi kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh komunitas masyarakat Indonesia. 

CITO berkomitmen untuk terus menyediakan layanan kesehatan yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, sesuai Tagline Cito , Innovation For Happiness. Dari Cito, untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat Indonesia, karena Bahagia adalah Segalanya.

Menyinggung biaya untuk melakukan tes Pharmacogenomic cukup dengan Rp 2,5 juta masyarakat sudah dapat merasakan manfaatnya seumur hidup.

“Khusus perayaan imlek ini disediakan diskon , sehingga masyarakat cukup membayar Rp 2,22 juta,” jelasnya. (tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.