Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pemprov Jateng Libatkan Kelompok Rentan Dalam Musrenbang

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Pemprov Jawa Tengah (Jateng) melibatkan kelompok rentan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gradhika Bhakti Praja, Kamis (22/2/2024) tersebut, kelompak rentan, seperti perempuan, anak, lansia, dan difabel turut dilibatkan. Mereka juga diberikan waktu untuk menyampaikan pendapat dalam perencanaan pembangunan Jateng ke depan.

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, dalam setiap membuat perencanaan pembangunan, memang harus melibatkan keterwakilan dari beberapa kelompok. Antara lain perwakilan kelompok perempuan, anak, dan difabel. Menurutnya, undang-undang telah menyatakan adanya persamaan hak terhadap seluruh masyarakat Indonesia, termasuk kelompok difabel. Selama ini, penyandang disabilitas selalu menjadi perhatian dari Pemprov Jateng.

“Beberapa hal sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, agar bagaimana kelompok disabilitas mendapatkan tempat yang layak untuk menyampaikan aspirasi. Termasuk juga dalam hal pendidikan dan ketenagakerjaan”, tuturnya.

Begitu juga dengan perhatian terhadap perempuan dan anak, ungkapnya, Pemprov Jateng juga memberikan perhatian yang cukup tinggi. Buktinya, di lingkungan Pemprov Jateng cukup banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin perempuan.

Sementara itu, dalam dialog perwakilan kelompok difabel menyampaikan tentang masih adanya penyandang difabel usia sekolah yang kesulitan masuk di sekolah inklusi dan kelompok difabel miskin yang belum terakomodasi bantuan. Selain itu, dalam penyusunan atau pembentukan unit pelayanan disabilitas juga masih minim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.