Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Tanamkan Kepedulian Lingkungan, Pramuka SD QITA Gelar Deklarasi Anti Bullying

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan, serta memupuk rasa empati, Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto (SD QITA) Kwarran Kedungbanteng menggelar deklarasi anti bullying, Sabtu (3/2/2024).

Kegiatan diikuti oleh seluruh warga sekolah yang meliputi pembina, guru dan peserta didik dari golongan siaga hingga penggalang. Kegiatan dipandu oleh Maslikan selaku pembina putra dan Eri selaku pembina putri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kembali karakter kepedulian dan rasa empati. Selain itu, aksi ini juga sebagai pengingat agar guru sebagai pembina dan peserta didik lebih berkomitmen dalam menjaga diri agar tidak menyakiti siapapun dan kapanpun, terlebih lagi saat berada di lingkungan sekolah”, terang Eri.

Lebih lanjut Eri menjelaskan, deklarasi ini merupakan bagian dari latihan rutin dengan mengambil tema yang berbeda-beda. Kali ini temanya tentang kepedulian lingkungan. Kegiatan dimulai dengan senam pramuka, apel, deklarasi dan kerja bakti.

“Kepedulian yang kita tanamkan kepada siswa, bukan hanya peduli kebersihan lingkungan sekolah saja, tapi juga lingkungan dalam arti teman interaksi. Jadi, kepedulian itu kita ucapkan lewat deklarasi anti bullying dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kerja bakti sebagai praktik kegiatan yang membutuhkan kerja sama dan saling menolong”, tuturnya.

Tanda Tangan

Maslikan, selaku Pembina putra menambahkan, deklarasi dimulai dengan apel, kemudian Pembina membacakan ikrar yang diikuti oleh seluruh peserta apel. Kemudian, Kamabigus membubuhkan tanda tangan yang diikuti oleh seluruh guru dan peserta didik.

“Aksi ini bukanlah sekedar seremonial saja. Kegiatan deklarasi ini merupakan pengamalan dari surat Al-Hujurat : 11 tentang penghormatan kita terhadap sesama. Ini sebagai janji bersama untuk meniadakan bullying di sekolah. Janji untuk terus menyayangi teman, janji ini kita dokumentasikan dan abadikan dengan tanda tangan atau cap tangan kita agar setiap hari selalu ingat untuk mengamalkannya”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.