Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

PLN UP2D Kampanyekan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

0

METROJATENG.COM, SEMARANG- Sejalan dengan momentum Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024, yang jatuh pada periode 12 Januari – 12 Februari 2024 ini, PLN UP2D Jawa Tengah dan DIY terus mengkampanyekan budaya sehat dan selamat dalam bekerja di seluruh unit kerja. Langkah tersebut juga tidak terlepas dari peran penting pimpinan atau manajemen perusahaan.

Manajer PLN UP2D Jawa Tengah dan DIY, Moch. Sadli mengatakan, komitmen terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh pimpinan atau manajemen perusahaan sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua karyawan. Dengan demikian, diharapkan memberikan dan membangun budaya kerja yang memprioritaskan keselamatan dan kesehatan.

“Pimpinan perlu hadir menunjukkan contoh terbaik dalam perilaku dan keputusan terkait K3. Komitmen pimpinan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja merupakan sebuah investasi dalam kesejahteraan karyawan dan produktifitas perusahaan,” katanya,

Dijelaskan, Bulan K3 Nasional 2024 kali ini mengangkat tema ‘Budaya K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’. Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia.

“Adapun selama Bulan K3 di lingkup PLN UP2D Jawa Tengah dan DIY, setiap hari dilakukan share pesan keselamatan. Selain itu juga dilakukan gelar peralatan yang dilakukan pimpinan unit. Ada juga pelatihan tanggap darurat tim inspeksi penanganan bahaya kebakaran dengan tim damkar di PLN UP2D,” jelasnya.

Menurutnya, melalui implementasi budaya K3, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas kerja.

“Kami berharap seluruh insan PLN di UP2D Jawa Tengah dan DIY yang dapat turut mengimplementasikan budaya kerja yang mengedepankan kesehatan dan keselamatan, sehingga sama-sama dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” ungkapnya.(lan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.