Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kanwil DJP Jateng I Resmikan Tax Center ke-29 di STIE Cendia Karya Utama

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG Hampir 80% penerimaan negara bersumber dari penerimaan pajak, sehingga Direktorat Jenderal Pajak membutuhkan pihak-pihak eksternal yang salah satunya adalah perguruan tinggi untuk membangun generasi sadar pajak.

Penegasan ini dikemkukakan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah I Max Darmawan saat  meresmikan Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cendekia Karya Utama, Semarang (10/1/24). Diharapkan kehadiran Tax Center di kampus Ibi dapat bermanfaat bagi para mahasiswa maupun para dosen.

“Kerja sama ini  diharapkan akan memberikan benefit bagi kedua belah pihak. Bagi Direktorat Jenderal Pajak tax center menjadi perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan edukasi dan pelayanan kepada seluruh masyarakat khususnya wajib pajak sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang good governance,” ujar Max Darmawan usi melkukan penandatanganan perjanjian kerja sama terkait Tax Center antara Kanwil DJP Jawa Tengah I dengan STIE Cendekia Karya Utama serta Kuliah Umum Perpajakan.

Lebih lanjut Max Darmawan mengatakan generasi milenial saat ini adalah​ calon generasi emas pada tahun 2045​ dimana nantinya kalian berada di usia produktif dan diharapkan dapat menjadi generasi yang menopang penerimaan negara melalui pajak.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Ketua Yayasan Fajar Pramana, S.E. Ketua STIE Cendekia Karya Utama Drs. Dirgo Wahyono, M.Si, para dosen, staf, mahasiswa, serta alumni STIE Cendekia Karya Utama, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Bayu Setiawan, dan Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Yahya Ponco Aprianto beserta jajaran. a kegiatan yang diikuti 196 mahasiswa STIE Cendekia Karya Utama digelar secara hybrid, yakni 35 mahasiswa secara luring dan 161 mahasiswa secara daring.

Ketua STIE Cendekia Karya UtamaDirgo Wahyono, menyambut baik kerjasama ini karena Tax Center STIE Cendekia Karya Utam memiliki manfaat yang besar bagi para mahasiswa maupun para dosen. Hadirnya  Tax Center ini menjadi wadah untuk melakukan kajian peraturan perpajakan, sarana mahasiswa melakukan penelitian perpajakan, dan sebagai sarana untuk melaksanakan sosialisasi bagi perguruan tinggi maupun mitra.

“Dengan berbagai macam kelengkapan yang kita miliki, STIE Cendekia Karya Utama diharapkan dapat menghasilkan SDM yang mempunyai nilai lebih yang diterima oleh masyarakat dan dunia kerja,” tambah Dirgo Wahyono.

“Adanya kerja sama antara Kanwil DJP Jawa Tengah I dengan STIE Cendekia Karya Utama tentang Tax Center STIE Cendekia Karya Utama dapat memberi warna STIE Cendekia Karya Utama dalam memajukan Indonesia,“ pungkas Dirgo Wahyono.

STIE Cendekia Karya Utama merupakan Tax Center pertama yang bekerja sama dengan Kanwil DJP Jawa Tengah I di Tahun 2024 dan menjadi Tax Center ke-29 di lingkungan kerja Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Tax Center adalah pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap hak dan kewajiban perpajakannya, sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa. Beberapa kegiatan yang dapat diselenggarakan oleh Tax Center di antaranya adalah sosialisasi perpajakan, pelatihan di bidang perpajakan, konsultasi perpajakan di lingkungan civitas akademika dan masyarakat, serta kajian akademis atas peraturan perpajakan. (tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.