Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Keliling Jateng, Casytha Sebut Kemiskinan dan Pengangguran Masih Jadi PR Terbesar

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Selama 4 tahun terakhir keliling Jawa Tengah (Jateng), Anggota DPD RI, Casytha Arriwi Kathmandu menyebut masalah kemiskinan dan pengangguran masih menjadi PR terbesar. Karenanya program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk kuliah sangat dibutuhkan dan harus lebih banyak lagi di distribusikan.

“Kita ada pilot project untuk KIP kuliah di Magelang, jadi lulusan SMA sederajat yang tidak mampu mendapatkan bantuan KIP untuk melanjutkan kuliah. Tidak hanya itu, mereka juga mendapat pelatihan komputer dan Bahasa Inggris sebagai pelengkap bekal untuk memasuki dunia kerja”, terangnya saat menghadiri acara di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Minggu (24/12/2023).

Dengan bekal ijazah sarjana, ditambah ketrampilan komputer dan Bahasa Inggris, diharapkan anak-anak muda ini mampu mengangkat kehidupan ekonomi keluarganya yang tidak mampu. Sehingga semakin banyak keluarga yang secara ekonomi terangkat dan di sisi lain, angka pengangguran juga berkurang.

Untuk Kabupaten Banyumas sendiri, Casytha sudah banyak menggelontorkan bantuan, mulai dari pembuatan sumur bor di daerah yang kesulitan air bersih, pemberian kursi roda untuk kaum disabilitas, bedah rumah hingga bantuan sembako saat pandemi lalu.

“Sebagai anggota DPD RI, kewenangan saya sangat terbatas, tidak seperti DPR RI dan wilayah saya sangat luas, meliputi satu propinsi. Meskipun begitu, dengan segala keterbatasan yang ada, saya selalu berupaya untuk mambantu masyarakat Banyumas. Karena sejak kecil, saya selalu ditanamkan bahwa kita semua keluarga besar, dan jika dda yang bisa dibagikan, maka keluarga besar dulu yang harus kita beri, kita bantu, jadi mari kita semua bergotong-royong saling membantu kepada keluarga besar kita”, ucap putri dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto.

Caption Foto : Warga Desa Cipete, Kecamatan Cilongok menyimak penjelasan dari Anggota DPD RI, Casytha Arriwi Kathmandu. (Foto : Hermiana)

 

Targetkan 200 Ribu Lebih Suara

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyumas, Arie Suprapto yang hadir pada acara tersebut mengatakan, sudah banyak bantuan yang diberikan Casytha untuk masyarakat Banyumas. Sehingga menjadi kewajiban bagi kader partai, relawan serta pasukan Sicita untuk mengantarkan kembali Casytha ke kursi DPD RI.

“Pada periode sebelumnya, Banyumas menyumbang 158 ribu suara untuk Mba Casytha. Dengan besarnya perhatian Mba Casytha terhadap masyarakat Banyumas, maka pada pemilu kali ini kita harus memberikan suara lebih besar, saya targetkan minimal 200 ribu lebih suara untuk Mba Casytha, apakah saudara-saudara yang hadir di sini sanggup untuk memenangkan Mba Casytha?”, ucapnya yang disambut sorak-sorai masyarakat yang hadir.

Arie Suprapto menyebut, di tengah keterbatasan kewenangan sebagai anggota DPD RI, Casytha tetap memberikan perhatian untuk Banyumas. Maka sudah selayaknya, masyarakat Banyumas juga memberikan suara untuk Casytha.

Dalam acara yang digelar di rumah anggota DPRD Banyumas, Anang Agus Kostrad, juga hadir anggota DPRD Jateng, Juli Krisdianto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.