Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Simak! Berikut Tema Debat Cawapres Malam Ini

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Malam ini masyarakat Indonesia kembali disuguhkan debat para calon pemimpinnya. Pada Jumat (22/12/2023), giliran para calon wakil presiden (cawapres) yang akan beradu argumen terkait tema-tema yang sudah ditentukan. Apa saja tema debat cawapres malam ini? Simak penjelasan berikut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan ada 7 tema yang akan diusung pada debat cawapres perdana. Yaitu tema ekonomi yang didalamnya memuat ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, kemudian tema keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur serta perkotaan.

Yang dimaksud dengan ekonomi kerakyatan adalah proses pengelolaan usaha secara mandiri dan kolaboratif oleh kelompok-kelompok masyarakat, yang meliputi pengembangan koperasi, BUMN, termasuk pemenuhan hak rakyat untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Sedangkan ekonomi digital, merupakan aktivitas perekonomian yang memanfaatkan teknologi digital. Ekonomi digital ini meliputi aktivitas belanja yang sekarang ini banyak menggunakan sistem digital, pembayaran secara digital atau online, perbankan dan lainnya.

Ekonomi digital saat ini sangat diperlukan untuk memperkuat ketahanan bisnis dan perekonomian global. Selain itu, analisis data, sangat membantu pelaku bisnis dalam membuat keputusan bisnisnya.

Selain persoalan ekonomi, para cawapres juga akan dikulik pengetahuan serta komitmennya terkait pengelolaan APBD dan APBN, invstasi pajak, keuangan, infrastruktut serta perkotaan. Dari tiga kandidat cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka serta Mahfud MD, manakah yang paling memahami tema-tema tersebut? Yuk simak debat cawapres malam ini dan catat komitmen mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.