Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Aktivasi IKD di Banyumas Capai 48.647 Penduduk

Data Per 22 November 2023

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Banyumas sudah mencapai 48.647 orang per tanggal 22 November 2023. Target IKD di Kabupaten Banyumas adalah 25% dari wajib KTP, yaitu 350;517. Jumlah wajib KTP di Banyumas sendiri ada 1.402.066.

Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Lily Listiani SH.MH mengatakan, target IKD di Kabupaten Banyumas untuk tahun ini adalah 350.517 penduduk. Memasuki bulan November sudah mencapai 48.647 orang. Pihaknya optimis, sampai akhir tahun sudah bisa mendekati target.

“Sekarang layanan IKD sudah semakin meluas, di kantor-kantor kecamatan, bahkan di desa/kelurahan juga sudah bisa melayani, sehingga kami optimis bisa mendekati target IKD”, tuturnya, Senin (27/11/2023).

Selain membuka pelayanan di kantor kecamatan dan desa, Dindukcapil Banyumas juga kerap jemput bola ke instansi-instansi. Seperti baru-baru ini, Dindukcapil Banyumas melaksanakan aktivasi IKD di kantor cabang BPJS Kesehatan Purwokerto. Ada 52 orang pegawai BPJS Kesehatan yang langsung melakukan aktivasi IKD.

“Jemput bola ini kita lakukan dalam rangka untuk mempercepat kepemilikan IKD. Harapan kami, semakin banyak masyarakat yang melakukan aktivasi IKD supaya bisa mengakses layanan kependudukan secara digital”, jelasnya.

Lebih lanjut Lily menyampaikan, ada banyak layanan administrasi kependudukan yang bisa diakses melalui IKD. Antara lain permohonan cetak kartu keluarga, cetak biodata, golongan darah, surat keterangan pindah untuk individu, surat pisah atau pecah kartu keluarga, akta kelahiran bagi yang sudah mempunyai NIK ataupun yang belum mempunyai NIK serta akta kematian. Sehingga masyarakat akan sangat dimudahkan dalam mengakses layanan kependudukan jika sudah mempunyai IKD.

Caption Foto : Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Lily Listiani SH.MH. (Foto : Dok.Dindukcapil Banyumas)

 

Wilayah Pinggiran

Sementara itu, dari data Dindukcapil Banyumas, kecamatan yang paling banyak aktivasi IKD sebagian besar merupakan kecamatan di wilayah perkotaan. Paling banyak adalah Kecamatan Purwokerto Barat yaitu 4.628 orang, Kecamatan Purwokerto Selatan sebanyak 4.583 orang dan Kecamatan Purwokerto Timur ada 2.660 orang.

Sedangkan kecamatan yang masih sedikit pengaktivan IKD adalah Kecamatan Lumbir, baru ada 521 orang, Kecamatan Purwojati ada 630  orang, Kecamatan Somagede ada 720 orang, Kecamatan Tambak ada 802 orang, serta Kecamatan Gumelar ada 881 orang.

“Sebenarnya wilayah kota ataupun pinggiran tidak ada masalah dalam pelayanan IKD, karena sudah bisa dilayani di kantor-kantor desa serta kecamatan. Hanya saja, kendala yang seringkali muncul karena ada yang tidak memiliki HP android, mengingat aktivasi IKD harus menggunakan HP android”, ucapnya. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.