Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Sosialisasi #Cari_Aman Berkendara

*ke SMK NU 04 Patebon

0

METROJATENG.COM, KENDAL– Tim Safety Riding Astra Motor Jateng kembali memberikan sosialisasi keselamatan berkendara kepada pelajar SMK NU 04 Patebon Kab. Kendal, Jawa Tengah, pada Selasa (20/6/2023), mengenai pentingnya pengecekan sepeda motor sebelum berkendara. Namun, ada fakta menarik yang ditemukan dalam sesi interaksi dengan siswa – siswi sekolah bahwa lebih sering memeriksa kondisi bensin di panelmeter saja dan tidak memeriksa komponen – komponen vital motor sebelum berkendara.

Hal ini perlu diingatkan ke pelajar sejak dini bahwa pengecekan sepeda motor sebelum dikendarai harusnya sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan bagi para pengendara sepeda motor sebelum bepergian untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan faktor kendaraan yaitu karena kurangnya perawatan.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Suko Edi mengatakan, pengetahuan pengecekan kendaraan dan kesadaran keselamatan berkendara masih sangat minim. Hal ini menjadi alasan utama pelajar melewatkannya.

Dicontohkan, pada saat berkendara, pengereman seringkali dilakukan sehingga kampas rem akan semakin menipis. Kampas rem yang tipis bisa membuat pengereman menjadi tidak sempurna bekerja atau bahkan blong. Kecelakaan yang ditimbulkan dari komponen rem dapat terjadi disini akibat tidak melakukan pengecekan kondisi sistem pengereman keseluruhan.

“Cari_Aman berkendara bukan hanya mengajarkan teknik berkendara saja, tetapi juga menjelaskan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecelakaan terjadi sehingga bikers bisa selalu waspada sebelum dan saat berkendara agar bisa selamat sampai tujuan,” kata Suko Edi, kepada pelajar SMK NU 04 Patebon itu.

Selain pengecekan pada sistem pengereman rem, minimal setiap bikers juga melakukan pengecekan seluruh roda motor dan lampu-lampu yang menjadi komponen vital saat berkendara. Service berkala juga wajib dilakukan guna mengecek kondisi dan kinerja komponen motor terutama pada bagian yang sulit terlihat dan pastikan service dari bengkel resmi AHASS untuk motor Honda yang sudah pasti sangat fokus terhadap faktor Safety.

Selain mengedukasi pengecekan motor sebelum berkendara, pelajar juga dipaparkan informasi data kecelakan, diajarkan teknik berkendara yang benar, dan bagaimana memprediksi bahaya. Pelajaran ini dilakukan secara teori dan diberikan praktek juga kepada setiap pelajar. Harapannya, setiap pelajar SMK dapat memahami pentingnya keselamatan berkendara ini, menjadi contoh bagi lingkungan dan teman sekitarnya, serta turut Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.