Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Resmikan Sumur Bor dan Pipanisasi, Menhan Prabowo Kebanjiran Ucapan Terima Kasih

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto di Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas mendapat sambutan meriah dari warga desa yang berdesakan ingin bersalaman dengannya. Tak hanya itu, Prabowo juga kebanjiran ucapan terima kasih dari warga desa yang merasa sangat terbantu dengan pembuatan sumur bor dan pipanisasi.

“Air merupakan kebutuhan vital yang harus bisa diakses oleh semua rakyat, tentunya air yang bersih dan layak konsumsi, karena ini berhubungan dengan kelangsungan hidup orang banyak”, kata Prabowo dalam dialog melalui zoom dengan warga dan kades pada 16 lokasi di Jateng, Minggu (29/10/2023).

Kedatangan Menhan Prabowo ke Desa Suro ini untuk meresmikan sumur bor dan pipanisasi yang telah selesai dibangun oleh Universitas Pertahanan. Ada 16 titik yang diresmikan yang tersebar di beberapa kabupaten di Jateng. Peresmian dipusatkan di Desa Suro dan wilayah lain mengikuti secara daring.

Prabowo mengatakan, setelah banyak dibangun sumur bor dan pipanisasi, masih banyak kades-kades yang menyampaikan permintaan sarana air bersih untuk warganya. Menurutnya, hal tersebut sangat wajar, dimana kades memperjuangkan kepentingan warganya dan selaku Menhan, Prabowo juga berjanji akan berjuang untuk memenuhi aspirasi tersebut.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada para pekerja di lapangan yang sudah bekerja keras mencari air kemudian menyalurkannya sampai ke masyarakat”, ucapnya.

 

Bantu Ribuan Keluarga

Sementara itu, dalam laporannya Rektor Unhan, Mayjen TNI Jonni Mahroza menyampaikan, Unhan di bawah Kementrian Pertahanan, terus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sesuai dengan intruksi Menhan, sejak bulan September 2022, pihaknya terus melakukan eskplorasi air bersih demi membantu kesulitan masyarakat.

Sampai saat ini eksplorasi air bersih sudah dilakukan pada 57 titik yang dimanfaatkan oleh 9 ribu kepala keluarga (KK) dan semua sudah diresmikan. Dan hari ini diresmikan 16 titik yang tersebar di Kabupaten Banyumas, Purworejo, Blora, Boyolalu dan Kendal. Instalasi air bersih tersebut bisa dinikmati oleh 3 ribu KK.

“Jadi saat ini totalnya ada 73 titik intalasi air bersih yang sudah diresmikan dan bisa dinikmati oleh 12 ribu KK. Dan yang sudah dilakukan ekslorasi serta siap diresmikan ada 35 titik, harapannya sampai akhir tahun ini kita sudah bisa membanguns ampai 200 titik, demi membantu kesulitan masyarakat di musim kemarau”, jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.