Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Program Inkubasi Sinergi XLFL untuk Puluhan Organisasi Mahasiwa Telah Rampung

0

METROJATENG.COM, SURABAYA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program XL Future Leaders (XLFL) telah merampungkan program inkubasi revolusioner bagi seluruh organisasi mahasiswa (Ormawa) di Indonesia yang bernama Sinergi (Inkubasi Reformasi Organisasi). Program ini hasil kolaborasi antara XL Axiata, Komunitas #UangKita dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Program ini berfokus pada peningkatan kapabilitas organisasional dan merupakan pengembangan dari program di tahun sebelumnya yaitu REAKSI (Rumah Akselerasi Inovasi). Program yang berjalan mulai Mei sampai Agustus 2023 ini diikuti oleh 50 organisasi mahasiswa dari 30 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dari sekitar 263 organisasi mahasiswa yang mendaftar. Program ini secara simbolik ditutup dengan pemaparan kegiatan salah satu organisasi binaan Sinergi di event #Uangkita Talk oleh Kemenkeu pada Rabu, 6 September 2023, di Universitas Airlangga Surabaya.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan mengatakan, dalam menghadapi perubahan yang cepat, kemampuan untuk bertransformasi dan beradaptasi menjadi kunci utama dalam mencapai keberhasilan. Melihat potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia, program inkubasi Sinergi hadir dengan tujuan yang jelas yaitu menyiapkan pemimpin-pemimpin masa depan yang unggul dan mendorong akselerasi berkelanjutan.

“Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas organisasi dan anggotanya di Indonesia, Sinergi hadir sebagai pionir dalam mempersiapkan organisasi pemuda Indonesia untuk berinovasi dan beradaptasi dengan sukses,” katanya.

Retno menambahkan, program inkubasi Sinergi memberikan kesempatan yang luar biasa bagi para organisasi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk bergabung dan menjalani perjalanan transformasi menuju kepemimpinan unggul. Dalam rangkaian pembelajaran selama program ini, peserta akan diberikan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan kompleks di era digital.

Program ini dijalankan dilatarbelakangi oleh masih banyaknya organisasi mahasiswa yang kurang kreatif dalam membuat program kerja, cenderung hanya membuat program karena program tersebut adalah program yang selalu dilakukan setiap tahun, lebih buruknya lagi, organisasi mahasiswa hanya fokus kepada penerimaan anggota baru (kaderisasi) saja.

“Padahal, seharusnya organisasi mahasiswa fokus kepada penyelesaian masalah yang terjadi di lingkungannya, hadir dengan solusi, dengan kata lain peka atau fleksibel terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, program sinergi hadir untuk memberikan workshop kepada anggota organisasi agar paham esensi program organisasi yang sebenarnya,” jelas Retno.

Program inkubasi Sinergi memberikan kesempatan yang luar biasa bagi para organisasi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk bergabung dan menjalani perjalanan transformasi menuju kepemimpinan unggul. Dalam rangkaian pembelajaran selama program ini, peserta akan diberikan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan kompleks di era digital.

Selain pembelajaran secara workshop, seluruh materi pembelajaran dan sesi dalam program inkubasi Sinergi platform eLearn.id. seluruh materi disusun integratif dengan program edukasi XLFL yang telah berjalan. Sehingga, seluruh mahasiswa Indonesia yang belum berkesempatan tergabung dalam program Sinergi dapat mengakses platform eLearn.id secara gratis untuk mendapatkan berbagai kursus tentang leadership dan soft skills dimana saja dan kapan saja.

Dalam program Sinergi ini para organisasi mahasiswa mendapatkan materi-materi terkait manajemen organisasi, manajemen program, dan bagaimana memanfaatkan berbagai thinking tools untuk membuat ide program, atau aktivitas. Materi-materi yang diberikan semuanya berasal dari materi-materi yang biasa diajarkan di XL Axiata Future Leaders dan elearn.id. dalam pelaksanaannya organisasi mahasiswa ini wajib dipelajari dan dikuasai oleh pelaku organisasi agar bisa hadir sebagai organisasi yang memberikan manfaat, dan menjadi jawaban atas fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sehingga materi ini dapat membantu para organisasi mahasiswa untuk men-define kebutuhan-kebutuhan dari external maupun internal organisasi.

eLearn.id sendiri merupakan platform belajar digital yang telah berjalan sejak tahun 2015, elearn.id dari XL Axiata yang bertujuan membangun kompetensi dan daya saing generasi muda Indonesia melalui pengembangan keterampilan non-teknis yang sangat relevan. Untuk mengakses berbagai materi pembelajaran yang tersedia di platform digital ini, mahasiswa dan masyarakat Indonesia cukup mengunjungi http://elearn.id/.

Program-program elearn.id dirancang sesuai dengan kebutuhan generasi muda Indonesia, dengan fokus pada keterampilan yang akan membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia profesional dalam era digital. Situs web elearn.id dapat diakses melalui smartphone, laptop, atau PC kapan saja dan di mana saja, memberikan kemudahan akses tanpa batasan waktu dan tempat.

Selama program ini berlangsung sejak Mei-Agustus 2023, Sinergi telah mengadakan sesi In-Class sebanyak 3 (tiga) kali secara online, diisi oleh pemateri yang berasal dari fasilitator dan alumni XL Axiata Future Leaders.

XL Axiata dukung mahasiswa ITS tanam bibit Mangrove

XLFL mengajak mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menanam bibit Mangrove. Berlangsung di Kawasan Konservasi Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, 25 Agustus 2023 lalu, aksi peduli lingkungan bertema “Preserving Mangroves in Realizing Blue Carbon in Surabaya City” ini, XLFL bekerja sama dengan HMPL (Himpunan Mahasiswa Planologi) ITS. Ratusan bibit mangrove ditanam di kegiatan yang diikuti tidak kurang dari 250 peserta, yang terdiri dari mahasiswa, siswa dan siswi SMA, juga Masyarakat setempat.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, melalui program kerja sama dengan HMPL ITS ini, XL Axiata berupaya untuk terjun langsung pada usaha pelestarian dan konservasi lingkungan di kawasan Surabaya.

“Kami berharap, kegiatan penanaman Mangrove ini selain bisa berdampat langsung secara positif pada lingkungan, juga bisa memotivasi teman-teman mahasiswa di Surabaya dan Jawa Timur secara umum untuk lebih menaruh perhatian pada isu lingkungan dan turun tangan langsung turut melakukan pencegahan kerusakan lingkungan di sekitar kita,” ujarnya.

XLFL Bekali Ribuan Wisudawan Hadapi Dunia Kerja

XLFL juga berkolaborasi dengan beberapa universitas, yaitu Universitas Andalas Padang (Unand), Universitas Katolik Santo Thomas Medan (UNIKA), dan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya memberikan pembekalan kepada para wisudawan. Pembekalan ini terutama berkaitan dengan apa saja keperluan utama yang musti disiapkan oleh para wisudawan yang hendak memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. Acara ini dihadiri lebih dari 1000 Mahasiswa mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan belum lama ini.

Program Kolaborasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan mahasiswa untuk mengikuti program ini sangat tinggi, karena program ini sebagai modal wisudawan dalam mempersiapkan diri ketika masuk dalam dunia kerja. Persaingan yang ketat, tentu dibutuhkan persiapan-persiapan yang lebih matang. Melihat hal ini, XLFL membagikan pengetahuan yang paling mereka butuhkan, Harapannya, wisudawan akan siap menghadapi dunia profesional dengan pembekalan yang diberikan dan sesuai dengan visi XLFL untuk mempersiapkan anak muda Indonesia menjadi pemimpin masa depan. Hingga saat ini, total sudah sekitar 10 ribu lebih mahasiswa yang sudah mengikuti program ini.

Materi pelatihan di Medan, berisi tentang bagaimana berkomunikasi profesional di tempat kerja. Mahasiswa diajak untuk mengenal level komunikasi yang terjadi di tempat bekerja, baik lisan dan non lisan, seperti berlatih bagaimana jika mereka bertemu dengan superior mereka, bahkan kolega mereka yang setara.

Sementara itu di Padang, peserta diajak untuk mengetahui apa saja yang perlu mereka persiapkan untuk memulai melamar pekerjaan, mulai dari menentukan pekerjaan yang akan dituju, mempersiapkan dokumen, sampai mengirimkannya ke human resource development (HRD). Pada dua workshop ini, elearn.id hadir membawa tema Career Preparation. Tujuannya agar peserta bisa mapping career mereka, melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mencapaikan pekerjaan impian.

Dan di Surabaya, tidak hanya untuk calon wisudawan, XL Axiata Future Leaders memberikan workshop tentang persiapan karir kepada mahasiswa baru Universitas Airlangga. Tidak kurang dari 400 mahasiswa hadir pada kegiatan ini. Peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa baru ini merasa pentingnya pengetahuan persiapan karir ini justru sejak awal masuk dunia perkuliahan, agar bisa dipersiapkan lebih dini.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.