Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Selama Januari 2024, Terjadi 47 Bencana di Jateng, 2 Korban Meninggal

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Selama bulan Januari 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengan mencatat terjadi 47 bencana di wilayah Jateng, dengan korban meninggal dua orang dan 6 orang mengalami luka-luka.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Jateng, Muhamad Chomsul memaparkan, yang paling banyak adalah bencana hidrometeorologi atau bencana akibat cuaca ektrem seperti banjir dan tanah longsor. Dampak kerusakan akibat bencana hidrometeorologi beragam, antara laun rumah rusak, fasilitas umum rusak, kantor dan lainnya.

“Tercatat ada 647 rumah yang rusak, kerusakan fasilitas umum ada 14, kantor ada 2 dan jembatan 1”, terangnya.

Lebih lanjut Chomsul merinci, ada 500 rumah rusak ringan, 72 rumah rusak sedang, 72 rumah rusak berat dan 5.358 rumah terendam. Sementara fasilitas rusak ada 2 fasilitas pendidikan, 3 fasilitas peribadatan, 2 fasilitas kesehatan, dan 7 fasilitas umum.

Sedangkan tiga daerah yang paling banyak mengalami bencana selama Januari 2024, yaitu di Kabupaten Cilacap 9 kejadian, Karanganyar 5 kejadian, Jepara 4 kejadian, Klaten dan Kabupayen Boyolali masing-masing 3 kenjadian. Dan kabupatan/kota lainnya masing-masing 1-3 kejadian.

“Untuk korban akibat bencana, ada 2 orang meninggal, 6 orang mengalami luka-luka dan 761 orang mengungsi”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.