Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Peluang Peningkatan Ekspansi UMKM Nasional Harus Terus Diciptakan

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Ciptakan terus peluang untuk meningkatkan ekspansi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tanah air. Dukungan para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya.

“Peluang sektor UMKM untuk berkembang harus terus dijaga untuk keberlangsungan pertumbuhan salah satu sektor ekonomi kita,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/9).

Lembaga riset salah satu bank nasional mempublikasikan Indeks Bisnis UMKM, yang mencatat pada kuartal II 2023 Indeks Bisnis UMKM nasional berada pada level 109,6 atau meningkat 4,5 poin dari survei sebelumnya.

Angka itu menunjukkan bahwa ekspansi bisnis UMKM nasional terus berlanjut dengan akselerasi meningkat.

Publikasi itu juga mengungkapkan, pada kuartal III 2023 para pelaku UMKM optimistis melanjutkan ekspansi usaha. Hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Bisnis UMKM yang berada di level yang terbilang tinggi yaitu 128,4 atau di atas 100.

Menurut Lestari, catatan lembaga riset tersebut harus benar-benar direalisasikan dengan langkah nyata berupa kesiapan infrastruktur penunjang percepatan pertumbuhan UMKM nasional.

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat, pemenuhan kebutuhan sektor UMKM seperti
kemudahan aksesibilitas permodalan, teknologi informasi, peningkatan kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi, sangat dibutuhkan dalam proses akselerasi.

Dalam mewujudkan sejumlah kebutuhan itu, ujar Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk penguatan literasi keuangan dan bisnis, serta peningkatan kompetensi dalam pemanfaatan teknologi informasi, harus segera dilakukan.

Kolaborasi yang baik antar-kementerian dan lembaga dalam mendukung tersedianya kebutuhan sektor UMKM tersebut, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus konsisten diwujudkan, agar momentum pertumbuhan yang terjadi dapat diakselerasi dengan baik.

Rerie sangat berharap percepatan pertumbuhan sektor UMKM di tanah air dapat direalisasikan sehingga dapat ikut memperkokoh dan menopang pertumbuhan perekonomian nasional.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.