Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Tim Pengabdian UDB Surakarta Sosialisasikan Sistem Informasi Akuntansi

0 141

METROJATENG.COM, SURAKARTA – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Duta Bangsa Surakarta melakukan sosialisasi penerapan sistem informasi akuntasi untuk meningkatkan pengelolaan keuangan di BUMDesa Barokah Sejahtera Desa Sanggrahan Grogol Sukoharjo.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Erna Chotidjah Suhatmi selaku ketua tim mengungkapkan bahwa kegiatan ini penting untuk dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya bagi pengelola BUMDesa Barokah Sejahtera dalam hal pelaporan keuangan dan implementasi sistem informasi akuntansi.

Perkembangan zaman yang begitu cepat menyebabkan semua hal harus bisa beradaptasi terutama dengan dunia digital. Pengelola BUMDESA Barokah Sejahtera diharapkan bisa menyusun laporan seperti laporan laba rugi maupun laporan neraca dengan tujuan mengetahui perkembangan kinerja BUMDesa.

Kegiatan pengabdian ini didukung secara penuh oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbud, dengan menghadirkan narasumber Tri Irawati, M.Si. Menurut Ira kegiatan ini penting untuk dilakukan dengan harapan bisa meningkatkan kualitas pembukuan keuangan BUMDesa dan kemampuan dalam menyusun pelaporan keuangan BUMDdesa (Badan Usaha Milik Desa) terutama dalam pencatatan pembukuan keuangan BUMDesa serta mengimplementasikan dalam Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

Implementasi siklus akuntansi secara benar menjadi prioritas utama agar usaha yang dijalankan dapat bertahan. Selain sistem informasi akuntasi penting bagi pengelola untuk mengetahui aset tetap dan aset lancar. Pengetahuan tentang aset tetap menjadi penting agar pengelola paham betul perbedaannya dengan aset lancar. Aset tetap dikendalikan saat proses perencanaan awal dalam memperoleh aset. Pengeluaran aset tetap commited cost adalah biaya yang sulit untuk dikendalikan sehingga aspek manajerial diperlukan.

“Tentunya kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan pada tahap praktik mengenai sistem informasi akuntansi bagi pengelola BUMDesa. Pentingnya pelaporan keuangan bagi pengelola BUMDEsa untuk menciptakan akuntabilitas serta menyampaikan laporan keuangan sektor publik secara transparan. Perkembangan dan keberlangsungan organisasi dapat terwujud ketika adanya pengelolaan dana secara efektif dan efisien”,tutup Erna.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.