Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sambutan PLN ke Kunjungan Presiden di Yogyakarta, Hadirkan Pasokan Listrik Andal

0

METROJATENG.COM, YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara merayakan Idul Adha di Yogyakarta, sekaligus menyapa warga setelah menunaikan sholat Idul Adha di Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta. Dalam momentum spesial tersebut, PT PLN (Persero) mempersembahkan pasokan listrik tanpa kedip dengan peralatan tercanggih.

Momentum perayaan Idul Adha oleh Presiden di Yogyakarta kali ini tergolong spesial. Hal ini disebabkan Idul Adha kali ini merupakan Idul Adha terakhir dalam masa jabatan Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

Agar momentum spesial ini semakin bermakna, PLN persembahkan pasokan listrik andal, aman dan tanpa kedip. Seluruh rangkaian acara berlangsung lancar. Presiden beserta Ibu Negara sukses menyapa langsung warga Yogyakarta yang turut melaksanakan sholat Idul Adha di Lapangan Komplek Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut PLN terjunkan personil khusus dengan peralatan canggih dengan backup supply listrik 3 lapis yaitu pasokan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Uninterruptible Power Supply (UPS) 2X80 kVA untuk Gedung Utama Istana Gedung Agung, 60 kVA untuk lapangan tempat dilaksanakannya Sholat Ied, dan 3×6 kVA yang ditempatkan di titik Masjid Istana Kepresidenan.

Selain itu, PLN juga menyiagakan Genset Mobile untuk backup kelistrikan sebesar 1x 500 kVA di Gedung Agung, dan 1 x 1.500 kVA di Bandara lokasi kedatangan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Adi Dwi Laksono menyampaikan bahwa sesuai Standard Operational Prosedure (SOP) Pelayanan VVIP, kelistrikan dibackup sebanyak 3 lapis.

“Dengan backup berlapis tersebut diharapkan supply listrik yang kami berikan akan sangat lancar dan bahkan tanpa kedip. Hal ini tidak hanya kami lakukan untuk VVIP/ VIP tingkat nasional namun juga dalam penyambutan tamu negara dan acara lain yang membutuhkan keandalan pasokan listrik yang prima,” terang Adi.

Beberapa acara lain yang mendapatkan pelayanan VVIP ini seperti Kmkunjungan Kaisar Jepang Naruhito beberapa waktu lalu, rangkaian acara G20 Summit 2022, ASEAN Paragames 2022, dan bahkan konser umum seperti Dream Theatre dan Deep Purple di Surakarta tempo lalu.

“Selain kunjungan Presiden dan Pejabat Negara lain, SOP ini juga kami berlakukan saat acara-acara kunjungan tamu negara, bahkan konser hingga pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 nanti. Untuk kelancaran acara, listrik andal merupakan harga mati,” imbuhnya.

Deni Mulyana, Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas effort maksimalnya menjaga pasokan listrik sehingga acara kunjungan kali ini berjalan lancar.

“Listrik merupakan kebutuhan primer yang tidak mungkin boleh disepelekan. Terima kasih PLN karena telah memberikan support maksimal dalam acara kunjungan kali ini, mulai dari penjagaan keandalan, hingga persiapan matang dalam bentuk assessment jaringan kelistrikan sebelum acara,” terangnya.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.