Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

AC Komersial Hemat Energi Dengan AI Terbaru dari LG, Multi V i

0

METROJATENG.COM, JAKARTA — PT. LG Electronics Indonesia (LG) terus memperluas adopsi kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence) pada produknya. Tak hanya produk bagi pengguna akhir, terapan kecerdasan buatan ini pun menyentuh pada produk yang ditujukan bagi pendukung kebutuhan bisnis atau komersial.

Terbaru, perusahaan asal Korea Selatan ini memperkenalkan LG Multi V i sebagai penyejuk udara (Air Conditioning – AC) untuk bangunan komersial. Tak hanya hemat energi, yang membuatnya spesial, LG perangkat solusi Variable Refrigerant Flow (VRF) ini dilengkapi rangkaian fitur cerdas untuk memberikan kenyamanan lebih baik dalam ruangan sekaligus pengoperasian lebih tenang bagi unit outdoor.

“Dengan dukungan AI, Multi V i menawarkan peningkatan kemampuan dalam penghematan energi, penciptaan udara dalam ruang sekaligus kenyamanan penggunaan yang lebih baik,” ujar Lee, Tae-Jin, President of PT LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut dikatakannya, LG Multi V i dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyejuk udara bagi Gedung bertingkat menengah hingga tinggi seperti kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel.

Lebih dalam terkait pemanfaatan AI dalam pengembangannya, salahsatunya terwujud melalui fitur AI Smart Care. Keberadaannya secara khusus dirancang untuk memberikan kenyamanan pada orang yang beraktivitas dalam ruang, sekaligus mengoptimalkan penghematan energi. Hal ini dimungkinkan dengan memanfaatkan pembelajaran spasial dan situasional.

Dengan dukungan AI, LG Multi V i mampu mengoptimalkan operasionalnya menyesuaikan daya pendinginan melalui beberapa variabel. Termasuk didalamnya yaitu jumlah orang dalam ruang, tingkat kelembapan dan suhu lingkungan didalam dan luar ruang. Optimasi operasional melalui kemampuan penyesuaian ini, dalam riset yang dilakukan LG, mampu meningkatkan penghematan energi hingga 24,7%.

Sementara disisi lain, AI Indoor Space Care tampil sebagai fitur khusus yang mampu mempertahankan suhu dalam tingkat stabil serta mengurangi konsumsi energi disisi lainnya. Hal ini karena metode pengenalan khusus didalamnya, memungkinkan LG Multi V i mengaktifkan unit dalam ruangan secara otomatis pada area yang tengah digunakan untuk beraktivitas dan mematikan unit pada area yang dikenali tidak ada aktivitas orang didalamnya.

“Dengan rancangan yang berjalan otomatis, mengurangi energi terbuang akibat adanya penyejuk udara yang terus aktif meski ruang tak lagi produktif dengan tanpa aktivitas orang didalamnya,” ujar Mike Kim, Product Director Air Solution of LG Electronics Indonesia.

Tak hanya itu, pemanfaatan kecerdasan buatan pun dilakukan pada manajemen energi. Bertajuk AI Energy Management, fitur yang berfokus pada efisiensi energi ini memungkinkan pengguna menetapkan target konsumsi energi yang dapat membantu menurunkan penggunaan daya keseluruhan dari perangkat LG Multi V i.

Perhatian pada kenyamanan dalam pengembangan LG Multi V i, tak cuma bagi penggunanya. Dengan kapasitas pendinginan besar, perhatian ini juga menyentuh pada kenyamanan bagi lingkungan sekitar seperti gedung atau rumah tempat tinggal di sekitarnya. Dengan Noise Target Control, pengguna dapat menetapkan batas kebisingan operasional mulai dari 50 hingga 70 desibel, untuk memastikan bunyi yang dihasilkan unit outdoor LG Multi V i tidak melebihi tingkat kebisingan suara yang telah ditentukan dalam lingkungan tertentu.

“Hal ini membuat LG Multi V i dapat menjadi solusi bagi kebutuhan penyejukan ruang bangunan yang memerlukan perhatian khusus dalam hal tingkat kebisingan, seperti rumah sakit atau pusat pendidikan,” ujar Mike Kim lagi.

Lepas dari kecerdasan berbagai fitur didalamnya, LG Multi V i menawarkan kinerja kuat dan dapat diandalkan, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem. Mengenai rancangannya ini, dikatakan Edy Sucipto, Department Leader for SAC of LG Electronics Indonesia, LG Multi V i telah melampaui pendahulunya yaitu Multi V 5 sebagai solusi VRF LG yang paling hemat energi. Hal ini salahsatunya berkat penggunaan rancangan baru dalam kipas biomimetic yang membuat peningkatan jalur aliran udara untuk mengurangi konsumsi daya motor kipas.

Melengkapi seluruh keistimewaannya, LG Multi V i memiliki fitur Auto Tuning dan Remote Upgrade. Sistem Auto Tuning bekerja otomatis dalam melakukan penyesuaian pada kompresor dan motor saat instalasi awal atau ketika membutuhkan penggantian. Hal ini memberikan kecepatan dan kemudahan pada saat pengaturan ataupun perawatan. Disisi lain, keberadaan Remote Upgrade memungkinkan perangkat lunak pada LG Multi V i ini mendapat pembaruan otomatis tanpa memerlukan kunjungan langsung oleh petugas di lokasi penempatannya.

Hal mengenai pemantauan operasional dan perawatan ini semakin lengkap dengan AI Smart Diagnosis. Keberadaannya memberikan sistem analisis otomatis dan kemudahan dalam pembacaan laporan status yang mengurangi waktu perbaikan dan sekaligus meningkatkan reliabilitasnya.

Lebih lanjut terkait dengan peluncuran LG Multi V i ini, Edy Sucipto menyatakan, LG menyediakannya dalam kapasitas pendinginan 8PK sampai 96PK untuk tiap unit outdoor-nya. Pilihan kapasitas ini, menurutnya lagi, akan memudahkan calon pengguna, dari kebutuhan untuk gedung bertingkat menengah hingga besar, untuk merancang keseluruhan sistem pendinginan udara sesuai kebutuhannya dengan mengintegrasikannya melalui beberapa perangkat hingga mencapai kapasitas pendinginan yang dibutuhkan.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.