Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kokohkan Pelaksanaan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara

0

METROJATENG.COM, JAKARTA- Tingkatkan dan kokohkan kembali pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian dari upaya melestarikan komitmen berbangsa dan bernegara setiap anak bangsa, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum hari lahir Pancasila harus menjadi momentum untuk selalu mewujudkan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara yang terkandung di dalam dasar negara kita,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/6), dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.

Menurut Lestari, penting bagi setiap warga negara untuk terus melestarikan nilai-nilai, kebinekaan, saling menghormati, gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, di tengah perjalanan kehidupan bernegara saat ini yang penuh tantangan.

Rerie sapaan akrab Lestari berpendapat, proses kontestasi dalam upaya merebut hati, dukungan dan kepercayaan masyarakat untuk memimpin bangsa ini harus diwarnai dengan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar dalam bernegara.

Nilai-nilai yang mencakup aspek ketuhanan, kemanusiaan dan persatuan bangsa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu, tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, sangat dibutuhkan oleh setiap warga negara ini sebagai panduan dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap setiap anak bangsa dapat semaksimal mungkin mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya.

Rerie mendorong, agar para pemangku kebijakan dan tokoh masyarakat ikut serta mewujudkan lingkungan bernegara yang mampu melestarikan nilai-nilai Pancasila, dengan memberi teladan kepada masyarakat.

Jangan sampai, tegas Rerie, apa yang dipraktikkan dalam proses berbangsa dan bernegara saat ini membuat generasi penerus meninggalkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya di masa depan.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.