Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Edukasi Safety Riding Astra Motor Jateng ke Anak-Anak PAUD di Kampung Safety Riding

0 70

METROJATENG.COM, SEMARANG – Dalam upaya menyemarakkan semangat Sinergi Bagi Negeri, kali ini Main Dealer Astra Motor Jateng kembali mengunjungi Kampung Safety Riding pertama di Indonesia untuk membimbing para guru dan mendampingi pengajaran “Edukasi Safety Riding Sejak Dini” yang ditujukan bagi 45 anak – anak Pos PAUD Kartini (Pendidikan Anak Usia Dini) Kota Semarang.

Sebagai informasi, kampung ini merupakan kampung binaan Astra Motor Jateng sejak tahun 2010 dan berhasil meraih penghargaan MURI pada tahun 2015, Kampung Safety Riding Pandean Lamper ini merupakan kampung Safety Riding pertama di Indonesia yang dibangun dengan tujuan mengedepankan budaya keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Guru Pembimbing Pos PAUD Kartini bersama dengan Suko Edi selaku Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng mengajarkan kepada anak – anak ini 2 jenis media pembelajaran, yaitu media pembelajaran lalu lintas dan juga media pembelajaran taman bermain. Pada media taman bermain, anak – anak akan menemukan berbagai macam mainan seru seperti ayunan, jungkat jungkit, dan lain sebagainya, sedangkan pada media pembelajaran lalu lintas telah tersedia jalur pejalan kaki, rambu – rambu lalu lintas, zebra cross, otopad (scooter roda tiga), rompi anak, dan juga helm anak.

Anak – anak diajak bermain sambil belajar seru untuk mengerti pentingnya perbedaan area bermain dan area lalu lintas, selanjutnya diajarkan cara menyebrang jalan melalui zebra cross, pengertian arti rambu – rambu lalu lintas, dan bila ingin menggunakan otopad, setiap anak diwajibkan memakai helm dan rompi lengkap untuk keamanan saat berlalu lintas. Kostum polisi kecil pun juga dihadirkan dalam kegiatan belajar ini agar anak – anak kecil ini mengerti bahwa salah satu tugas polisi itu mengatur tertibnya lalu lintas.

“Bila budaya keselamatan berkendara sudah ditanamkan sejak kecil, maka ketika dewasa pun mereka akan mengingat betapa pentingnya keselamatan berkendara. Upaya Sinergi Bagi Negeri ini akan terus kami gencarkan agar semakin banyak generasi #Cari_Aman dikemudian hari,” pungkas Suko Edi.

Selain memberikan pengajaran kepada anak – anak PAUD Kartini ini, Main Dealer Astra Motor Jateng juga melakukan pengecetan ulang area media pembelajaran lalu lintas dan membantu memberikan dana mandiri yang nantinya akan digunakan untuk pembelian buku – buku belajar yang baru.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.