Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Mahasiswa UNNES Gelar Pelatihan Batik Jumputan

0 111

METROJATENG.COM, SEMARANG – Berawal dari adanya cuitan salah satu dari anggota PKK yang menyebutkan bahwa kegiatan PKK di Desa Getas yang monoton, Membuat mahasiswa UNNES GIAT 3 berinisiatif untuk menggerakan Ibu-ibu PKK agar lebih produktif sesuai dengan tujuan program UNNES GIAT yaitu “Bersama UNNES GIAT membangun Indonesia dari Desa”.

“Kegiatan PKK Desa Getas ini hanya rapat sama arisan saja sih mba, paling ya senam- senam aja, gak punya kegiatan yang produktif gitu, warganya pada susah untuk konsisten mengerjakan sesuatu.”ucap suryanti.

Setelah berdiskusi panjang bersama ketua PKK sekaligus istri dari kepala Desa Getas ibu Winarsih , disepakati kegiatan yang cocok untuk dilakukan yaitu mahasiswa memberikan pelatihan batik jumputan. Dikarenakan batik jumputan dirasa memiliki tingkat kerumitan pada proses pembuatan yang cukup rendah dan biaya yang dikeluarkan juga cukup ringan dibandingkan batik tulis.

“Iya mbak saya sangat setuju karena warga disini juga pada belum tau batik jumputan itu seperti apa, jadi ibu-ibu juga pasti pada antusias.” Ujar ketua PKK tersebut.

Kegiatan pelatihan batik jumputan dilaksanakan pada selasa, 15 November 2022 di Aula Kantor Kelurahan Desa Getas. Diawali dengan Dinas Kesehatan Kecamatan kaloran yang megisi pembicaraan tentang pembahasan MMD, lalu dilanjutkan oleh mahasiswa UNNES Giat 3 yang memberikan pelatihan batik jumputan kepada Ibu-ibu PKK yang dihadiri oleh Kepala Desa Getas Bapak Dwi Yanto dan beberapa perangkat desa.(lan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.