Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

MAHAPALA UNNES Kibarkan Merah Putih di Pegunungan Himalaya

*Peringati Sumpah Pemuda Ke-94

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Pemuda adalah salah satu tonggak yang paling kuat dalam pondasi Indonesia. Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan hari yang paling ditunggu bagi seluruh pemuda bangsa Indonesia. Didalamnya berisikan janji para pemuda bangsa untuk mencintai tanah air, bangsa dan bahasa yakni Indonesia.

Untuk menumbuhkan semangat nasionalisme Pemuda Indonesia dalam memperingati hari sumpah pemuda ke 94, MAHAPALA UNNES telah berhasil mengibarkan bendera merah putih pada puncak gunung Island Peak yang merupakan salah satu pegunungan es di Himalaya.

Berkat kerja keras, usaha, niat dan tekat yang kuat Ahmad Dzulfikar seorang mahasiswa jurusan Ilmu Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang yang juga didampingi alumni MAHAPALA UNNES yakni Priyo Handoko dapat mencapai puncak Gunung Island Peak ketinggian 6189 MASL dengan keadaan sehat dan selamat.

Pendakian ini merupakan salah satu dari ekspedisi internasional yang pernah MAHAPALA UNNES laksanakan. Ekspedisi ini bertajuk Spirit of Indonesian Youth Expedition V pada Puncak Gunung Island Peak yang terletak di Kathmandu, Nepal.

Adapun ekspedisi sebelumnya pada tahun 2009 MAHAPALA UNNES melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Afrika yakni Gunung Kilimanjaro, lalu pada tahun 2011 juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Eropa yakni Gunung Elbrush, dan pada tahun 2013 juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi Amerika Selatan, yakni Gunung Aconcagua. Selain itu di tahun 2015 Mahapala Unnes juga melakukan bakti sosial untuk Papua.

“Keberhasilan saya untuk dapat mengibarkan bendera merah putih pada Puncak Gunung Island Peak ini tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan keluarga serta tim pendukung ekspedisi Spirit of Indonesian Youth Expedition V. Semoga dengan berhasilnya ekspedisi ini, MAHAPALA UNNES dapat terus mencetak prestasi-prestasi di kancah internasional”, kata Ahmad Dzulfikar. 

Untuk mencapai puncak Gunung Island Peak ini, tentunya Ahmad Dzulfikar harus melewati serangkaian latihan, baik itu latihan fisik maupun psikologis untuk menumbuhkan mental dan fisik yang kuat.

Dengan semangat juang yang selalu ia tanamkan di dalam hatinya, ia tidakk pernah lelah sedikitpun. Seperti pemuda bangsa Indonesia yang tak pernah lelah untuk mencetuskan hari lahirnya sumpah pemuda.(ris) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.