Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Simak Tips Sewa Bus Pariwisata Biar Tidak Gagal Liburan

0 177

 

 

BELAKANGAN ini, di pasaran makin mudah menemukan perusahaan yang menyediakan jasa persewaan bus untuk pariwisata. Meskipun begitu, ada kalanya sulit mendapatkan bus yang Anda incar karena waktu kepergian rombongan Anda berada di musim-musim liburan.

Oleh karena itu, agar tetap bisa mendapatkan jasa bus pariwisata yang sesuai bujet, kebutuhan, kenyamanan, dan waktu kepergian Anda dan rombongan di musim liburan, Anda harus memahami tips-tips berikut!

Tips Sewa Bus Pariwisata di Musim Liburan

Memilih perusahaan yang menyediakan jasa persewaan bus di musim liburan cukup mudah, asalkan Anda menggunakan Tips Sewa Bus  yang tepat seperti dalam ulasan di bawah ini.

1. Fasilitas yang Diberikan

Hal pertama yang harus Anda cek sebelum menyewa bus pariwisata untuk berlibur di musim liburan adalah kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa menanyakan informasi ini melalui contact person, admin, atau nomor layanan pelanggan yang disediakan oleh jasa bus yang ingin Anda pakai.

Anda bisa membandingkan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh jasa persewaan bus yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan penawaran yang paling memuaskan serta menguntungkan bagi semua pihak.

Beberapa fasilitas yang bisa diperhatikan adalah desain interior maupun eksterior dari bus, kondisi AC, keluasan bagasi, dan kebersihan dari bus. Hal-hal seperti ini patut dipertimbangkan mengingat Anda dan penumpang lainnya, tentu, akan menghabiskan waktu yang tidak sebentar di dalam kendaraan.

 

2. Menentukan Tipe Bus

Anda harus memilih tipe bus yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan penumpang lainnya. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkannya lewat jumlah penumpang yang akan bepergian dengan mengendarai bus tersebut.

Jika jumlah penumpang hanya berkisar 15 orang, Anda bisa memilih kendaraan tipe microbus Isuzu Elf atau Toyota Hiace. Apabila jumlahnya 25 hingga 31 orang, Anda bisa memesan bus tipe medium. Sementara itu, jika jumlah penumpang mencapai 37 hingga 59 orang, pilihlah bus tipe besar.

Anda perlu menghitung jumlah seluruh penumpang dengan tepat dan menyesuaikan dengan tipe bus yang dipesan karena menghemat bujet dengan cara mengendarai bus yang kelebihan muatan malah akan memberikan kerugian yang lebih besar daripada sekadar materi untuk ongkos sewa saja.

 

3. Memesan Jauh-Jauh Hari

Memesan bus jauh-jauh hari, tentu, sudah menjadi aturan yang dipahami oleh semua orang yang akan bepergian dengan jasa persewaan kendaraan. Namun, yang perlu dipahami adalah seberapa jauh jarak waktu pemesanan dan hari-H yang ideal.

Minimal, Anda harus memesan bus 3 hingga 4 minggu sebelum perjalanan pariwisata dilangsungkan. Menunda-nunda waktu pemesanan membuat Anda dan rombongan berisiko tidak mendapatkan armada karena waktu kepergian yang sama dengan pemesan yang lain. Pada akhirnya, perjalanan Anda dan rombongan pun bisa ikut mundur.

Memesan jauh-jauh hari juga memberi kesempatan untuk perusahaan penyedia jasa persewaan bus untuk memeriksa kelayakan fasilitas dan kondisi bus secara keseluruhan. Biasanya proses pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang lama karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga harus memeriksa layanan apa saja yang bisa Anda peroleh di perusahaan persewaan tertentu beserta harga yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan semua hal yang ditawarkan oleh penyedia jasa persewaan bus. Selain lewat nomor layanan pelanggan yang telah disediakan, Anda bisa bertanya mengenai hal-hal di atas dengan cara berkunjung langsung ke tempat persewaan. 

Namun, jika waktu Anda terbatas, Anda juga bisa berkonsultasi hingga sewa bus pariwisata melalui penyedia jasa yang telah berafiliasi dengan e-commerce terpercaya seperti Blibli.  Menyewa lewat e-commerce memungkinkan Anda untuk mencari tahu mengenai seberapa puas penilaian pelanggan terdahulu terhadap penyedia jasa tersebut.(lan) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.