Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Puncak Arus Balik Lebaran 8 Mei, Daop 4 Layani 24.565 Pelanggan KA

0 283

METROJATENG.COM, SEMARANG – KAI mencatat puncak arus balik di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Minggu (8/5) atau H2+5 lebaran dengan jumlah penumpang yang naik kereta api sebanyak 24.656 pelanggan. Sedangkan untuk arus mudik, terjadi pada Selasa (3/5) atau H2 lebaran dengan jumlah penumpang yang datang menggunakan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 21.685 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, Daop 4 Semarang sendiri, memiliki wilayah di lintas utara dari Stasiun Tegal sampai dengan Stasiun Cepu, sedangkan untuk di wilayah selatan memiliki wilayah dari Stasiun Brumbung sampai dengan Stasiun Gundih Kabupaten Grobogan.

“Selama posko angkutan lebaran tahun 2022 yang dimulai sejak Jumat 22 April lalu, di wilayah Daop 4 Semarang sampai dengan Minggu 8 Mei mencatat penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api sebanyak 250.526 pelanggan dengan rata-rata harian 14.737 pelanggan per hari. Sedangkan untuk kedatangan penumpang, sebanyak 282.162 pelanggan tiba di wilayah Daop 4 Semarang atau rata-rata 16.598 pelanggan per hari,” katanya.

Untuk stasiun di wilayah Daop 4 Semarang, lanjutnya, pelayanan penumpang tertingi terjadi di Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 71.455 pelanggan atau 4.203 pelanggan per hari, diikuti dengan Stasiun Semarang Tawang dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 62.511 pelanggan atau 3.677 pelanggan per hari, Stasiun Tegal jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 39.522 pelanggan atau 2.325 pelanggan per hari, Stasiun Pekalongan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 27.273 pelanggan atau 1.604 pelanggan per hari, dan Stasiun Cepu dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 12.070 pelanggan atau 710 pelanggan per hari.

Sedangkan untuk okupansi KA jarak jauh tertinggi terjadi pada Minggu 8 Mei atau H2+5 dengan penjualan mencapai 143% dikarenakan adanya penumpang dinamis, yang diikuti pada Sabtu 7 Mei atau H2+4 dengan penjualan 140% dan pada Kamis 4 Mei atau H2+1 dengan penjualan 138%.

Adapun rute-rute favorit pemudik dalam masa arus balik lebaran tahun ini yaitu dari Semarang menuju Jakarta, Semarang menuju Surabaya dan dari Semarang menuju Bandung.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk kembali ke kampung halaman pada masa mudik lebaran tahun ini. Kereta api memiliki keunggulan dibandingkan moda transportasi darat lainnya seperti bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” tukasnya.

Bagi masyarakat yang belum memperoleh tiket KA untuk arus balik lebaran, untuk keberangkatan KA dari Senin 9 Mei hingga Minggu 15 Mei 2022, masih dapat membeli tiket kereta api karena tiketnya masih tersedia cukup banyak.

Dijelaskan, KAI mencatat jumlah tiket kereta api jarak jauh yang terjual pada periode 9 hingga 15 Mei 2022 masih terjual 67% dari kapasitas yang disediakan yaitu sebanyak 191.320 tempat duduk.

“Masyarakat dapat membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, website KAI, serta seluruh channel penjualan lainnya,” ujarnya.

KAI mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stasiun keberangkatan.

Meski demikian, pelanggan juga tetap diimbau untuk mengalokasikan waktu yang cukup agar jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya. Selain itu, pelanggan tetap harus menjaga protokol kesehatan selama menunggu di stasiun dan selama di perjalanan.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.