Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

UD Truck Resmi Luncurkan Quester Euro5, lebih Efisien dan Ramah Lingkungan

Gratis AdBlue 800 liter dan Servis 3 Tahun

0 577

 

METROJATENG.COM, SEMARANG – PT Astra International Insonesia UD Truck resmi meluncurkan produk baru di Indonesia, yakni Quester Euro5 yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Kehadiran kendaraan tersebut merupakan dukungan Astra International terhadap program pemerintah tentang regulasi stndar emisi Euro4.

Regional Head 2 Astra UD Truck, Wisnu Wibowo, pada peluncuran mengatakan kehadiran Quester Euro5 dengan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, akan sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau. Peluncuran Green Product ini dilakukan dalam menjawab  regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Quester Euro5 memiliki standar emisi yang lebih baik dibanding Euro4,  karena sudah menggunakan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) yang menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang,” jelasnya.

Sistem SCR ini merupakan alat yang terpisah dari komponen mesin. Sehingga kerjanya tidak mempengaruhi kinerja mesin namun tetap bisa menghasilkan emisi yang baik. Bahkan mampu memberikn power yang lebih besar.

Workshop Head UD Truck Semarang, Slamet Wijianto. mengatakan konsumsi AdBlue® juga sudah disesuaikan dengan kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue® berisi 50 liter, jika asumsi 1 liter Solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue® bisa untuk menempuh 75 km.

 

AdBlue -Regional Head 2 Astra UD Truck, Wisnu Wibowo didampingi Branch Manager Astra UD Trucks Semarang, Welly Budiono tengah memperlihat tabung AdBlue yang terpisah dengn tabung BBM.(tya)

 

“Quester Euro5, juga dilengkapi dengan jeriken cadangan AdBlue® berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman dan lebih efisien,” tambahnya.

Dijelaskan sistem SCR yang terpisah dari mesin utamanya seperti pada Quester Euro5 ini, tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi sehingga dapat menggunakan Biodiesel B30 seperti yang beredar saat ini dan sangat aman serta sesuai untuk diimplementasikan di Indonesia. 

“Dalam tabung itu berisi cairan penetralisir gas buang yang disebut AdBlue. Reaksi kimia dari gas buang dan AdBlue itu kemudian mengurai polusi menjadi nitrogen dan air sehingga gas buang akhir aman bagi manusia dan lingkungan,” ungkapnya. 

Branch Manager Astra UD Trucks Semarang, Welly Budiono menuturkan, setiap penjualan Quester Euro5 konsumen akan mendapat gratis AdBlue  800 liter. Kemudian konsumen juga akan mendapatkan UD Telematics satu tahun dan gratis servis 120 ribu km atau tiga tahun.

“Setiap konsumen akan mendapat AdBlue sebanyak 800 liter yang akan diberikan dalam 4 tahap pengiriman masing 200 liter tiap tahap,” ​tuturnya.

Animo masyarakat untuk membeli Uester Euro5 sangat bagus. Saat ini di Jateng-DIY sudah ada 50 Surat Pemesanan Kendaraan​ (SPK) Quester Euro 5. Quester  Euro 5 hadir dengan berbagai tipe dan varian, mulai dari 4×2 R, 4×2 TH, 6×2 R hingga 6×4 R dan 6×4 TH untuk mendukung pengusaha transportasi yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan masyarakat.truk 

“Hingga Akhir tahun 2922, kami menargetkan penjualan 150-200  unit , dengan harga yang ditawarkan Rp 850 juta off the road,” ungkapnya. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.