Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Dukung Implementasi JKN-KIS, BPJS Kesehatan Semarang dan Unwahas Jalin Sinergi

0 166

METROJATENG.COM, SEMARANG – BPJS Kesehatan bersinergi dengan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) untuk bersama-sama menjalankan Tri Dharma Perguran Tinggi sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan mengajak masyarakat, khususnya mahasiswa dan akademisi menjadi akselerator dalam mencapai tujuan pemerintah baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan khususnya kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Andi Ashar mengatakan, pihaknya aktif menjalin kerja sama dan memperkuat hubungan kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah, fasilitas kesehatan, tak terkecuali organisasi kemasyarakatan dan keagamaan. Tujuannya untuk memastikan Program JKN-KIS berjalan lancar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kerja sama ini sudah terjalin sejak beberapa tahun lalu. Kami harapkan seluruh akademisi dan mahasiswa Unwahas sebagai agen perubahan yang mampu mengubah pola pikir masyarakat serta ikut mengawal Program JKN-KIS agar program ini terus dirasakan manfaatnya sampai anak cucu nantinya,” ujarnya usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Unwahas.

Rektor Unwahas, Mudzakir menerangkan, Unwahas siap dilibatkan dalam penelitian-penelitian bersama dengan BPJS Kesehatan. Pihaknya memiliki fakultas farmasi dan kedokteran yang dapat disinergikan bersama. Bahkan Unwahas mempunyai tugas penurunan kasus stunting di Kabupaten Demak, bersama dengan BKKBN.

“Kami berharap kerjasama ini bisa terealisasi dengan lancar di tatanan operasional. Kami siap menjalin kerjasama pelayanan kesehatan bagi masyarakat, baik di tingkat primer maupun pelayanan di rumah sakit tipe D yang saat ini tengah dibangun di kampus II Unwahas,” katanya.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman kali ini, mencakup perluasan kepesertaan Program JKN-KIS, perluasan kerjasama dengan fasilitas kesehatan jaringan Nahdlatul Ulama (NU), sosialisasi Program JKN-KIS kepada masyarakat, kolekting iuran, serta kerjasama dalam bentuk lainnya.

Ketua Pengurus Cabang NU Kota Semarang, Anasom yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas terjalinnya sinergi dan kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Unwahas. Hadirnya NU dan yayasan di bawahnya memiliki fokus pada keagamaan, social dan ekonomi juga sangat fokus pada pendidikan dan kesehatan.

“Kami apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan BPJS Kesehatan Cabang Semarang. Semoga koordinasi dan komunikasi semakin intensif, sehingga kami dari NU bisa menyusul rekan-rekan yang lain ikut berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ucapnya.. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.