Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

0 596

METROJATENG.COM,  JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini. Program Desa Wisata Binaan Bakti BCA menjadi salah satu yang diunggulkan oleh CSR BCA. Melalui program ini, BCA telah memberikan pembinaan bagi banyak desa wisata di Indonesia, khususnya untuk tetap dapat bertahan selama pandemi COVID-19.

Konsistensi ini pun beberapa waktu lalu membuahkan hasil dengan diraihnya sejumlah anugerah dan penghargaan untuk sejumlah Desa Wisata Binaan Bakti BCA. Ada pun sejumlah desa wisata binaan bakti BCA yaitu Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta, Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi dan Desa Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung berhasil mendapatkan Sertifikasi sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekraf.

Selain itu, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mendapatkan penghargaan kategori khusus yaitu Desa Wisata Mandiri Inspiratif dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Terakhir, prestasi kembali ditorehkan oleh Desa Wisata Tamansari yang menjadi Juara 1 Desa Wisata Kategori Digital dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

“BCA bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh desa wisata binaan Bakti BCA. Upaya pelatihan serta kerja keras menemukan strategi untuk bertahan selama pandemi membuahkan hasil positif. Penghargaan ini menjadi bentuk pemacu semangat bagi seluruh desa wisata binaan Bakti BCA untuk senantiasa bersemangat dalam menghadirkan pariwisata yang adaptif. BCA berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan serta pendampingan bagi seluruh desa wisata agar terus berkembang,” ujar Inge Setiawati, selaku EVP CSR BCA.

Kehadiran sertifikasi serta penghargaan ini menjadi bentuk nilai jual tambah agar wisatawan tertarik dan merasa nyaman melakukan traveling di tengah pandemi seperti saat ini. Pembangunan pariwisata berkelanjutan juga menjadi salah satu target yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya menggalakan kembali pariwisata di Indonesia.

Program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali. Di tahun 2021, BCA juga menggelar BCA Desa Wisata Award 2021 yang menjadi ajang bersinarnya desa wisata yang tangguh meskipun masih dihadang oleh pandemi.

Sebagai informasi, desa wisata binaan Bakti BCA memiliki berbagai keunggulan yang memberikan daya tarik wisata tersendiri. Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi berada di lereng Gunung Ijen menawarkan keindahan alama khususnya flora fauna dan kesenian Tari Gandrung. Desa Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung menawarkan potensi alam yang cantik beserta dengan kuliner setempat. Untuk Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berada di lereng Gunung Merapi sehingga menawarkan pemandangan alam nan indah serta wisata budaya.

“Seluruh prestasi yang ditorehkan oleh desa wisata binaan Bakti BCA tentunya menjadi pemacu bagi segenap pihak untuk kian mengembangkan program desa wisata. Kami berharap melalui prestasi ini dapat memberikan inspirasi bagi desa wisata lainnya untuk mengembangkan potensi yang ada. Tahun 2022 ini juga BCA akan senantiasa berkomitmen memberikan pendampingan melalui berbagai program #BCAForSustainability,” tutup Inge.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.