Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Besok, Solo Hetero Festival digelar

*Rangkaian Peresmian HSS, Bertabur Seni dan Budaya

0 324

METROJATENG.COM, SOLO – Hetero Festival merupakan sebuah festival yang diinisiasi oleh Pemerintah Jawa Tengah bersama Hetero Space dengan tujuan untuk memberdayakan dan menyertakan para generasi muda dalam memberikan warna baru bagi ekonomi kreatif, mencakup brand lokal, seperti UMKM dan startup.

Dikemas dengan mengangkat seni dan budaya sebagai unsur yang melekat dalam struktur masyarakat, Solo mengedepankan kolaborasi antar komunitas yang diharapkan mampu menghadirkan keselarasan bagi seluruh elemen kreatif di Kota Solo.

Acara akan diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 18-19 Desember 2021 di Hetero Space Solo yang beralamat di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.92, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Hetero Fest ditujukan untuk para pegiat ekonomi kreatif dan masyarakat umum, serta rangkaian acara diisi dengan talkshow dari para pegiat ekonomi kreatif, entertainment, exhibition dan UMKM yang diramaikan oleh berbagai komunitas dari Kota Solo, food fest, bootcamp Hetero for Startup dan opening ceremony Hetero Space Solo.

Tidak hanya itu, peresmian Hetero Space Solo juga turut diramaikan dengan bootcamp yang merupakan salah satu tahapan dari Hetero for Startup Season 2. Hetero for Startup merupakan program kompetisi untuk memberdayakan para generasi muda yang berkeinginan serta berkeyakinan menciptakan solusi atas permasalahan pada ruang lingkup tertentu melalui startup yang diinisiasi oleh Pemprov Jateng melalui Dinkop UKM Jateng yang bekerjasama dengan SAMPOERNA untuk Indonesia.

Kegiatan bootcamp dihadiri oleh 40 tim startup terbaik yang akan bertemu dengan mentor dan dibekali materi berdasarkan studi kasus yang telah disiapkan, lalu dilanjutkan seleksi menuju 20 tim menuju mentoring session.

Berawal dari ketertarikan yang tinggi dari Gubernur Jawa Tengah terhadap pengembangan UMKM dan Startup, Hetero Space hadir lebih dahulu di Kota Semarang hingga akhirnya melebarkan sayapnya ke Kota Solo. Hetero Space Solo hadir sebagai salah satu bukti bahwa pemerintah dan swasta berkolaborasi untuk menjadi solusi atas permasalahan dalam sebuah sektor di tengah masyarakat Solo karena sebagian besar pelaku ekonomi kreatif cenderung belum siap menghadapi era ekonomi digital.

Hal tersebut tampak dari kredibilitas usaha yang masih kurang memadai serta lemahnya manajemen usaha dan strategi promosi. Hetero Space Solo memiliki berbagai ruangan, seperti Komunal Area, Maker Space, Private Office, Meeting Room, Studio, Event Space dan Gaming Area yang akan membantu menunjang produktivitas para pengunjung dengan jam operasional dari hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00-18.00 WIB.

Kota Solo merupakan salah satu daerah yang kerap menyelenggarakan berbagai kegiatan besar bertaraf nasional hingga internasional dan mengkolaborasikan antara seni budaya dengan ekonomi kreatif serta menghimpun komunitas dan generasi muda. Hal tersebut melatar belakangi pelaksanaan Hetero Festival sebagai acara pembukaan serta peresmian bagi Hetero Space Solo yang akan menjadi wadah aktivasi ekosistem berkelanjutan bagi para pelaku ekonomi kreatif dan generasi muda untuk berkembang,serta meningkatkan daya saing di tengah pasar kompetitif menuju brand lokal yang maju dan produktif.

Hetero Space Solo akan diresmikan oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Surakarta dan Ema Rachmawati selaku Kepala Dinkop UKM Jateng. Tidak hanya itu, dalam peresmian ini juga menghadirkan robot Autonomous SOKU yang merupakan hasil karya dari salah satu startup Kota Solo yang nantinya tombol dalam robot tersebut akan ditekan oleh Gubernur, Wali Kota dan Kepala Dinkop untuk menandakan peresmian sedang berlangsung.

Kedepannya, Hetero Space Solo diharapkan mampu menjadi ruang berjejaring dan  berkolaborasi bagi seluruh elemen, serta ruang kreatif untuk para generasi muda, startup, dan UMKM guna meningkatkan produktivitas dalam menghadapi ekonomi digital dan menyambut era 5.0.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.