Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Aspek Kesehatan dan Ramah Lingkungan Jadi Warna Koleksi Produk LG Solution di Tahun 2023 

0

METROJATENG.COM, JAKARTA — Menjelang penghujung tahun, PT. LG Electronics Indonesia (LG)  telah menyiapkan rangkaian produk perawatan udara dalam ruang yang bakal masuk pasar Indonesia di tahun 2023. Pabrikan asal Korea Selatan ini akan menyediakan LG Air Solution mulai dari  kebutuhan hunian hingga bangunan komersial  yang menitikberatkan pada aspek Kesehatan dan ramah lingkungan. 

“Seiiring dengan kesadaran masyarakat akan kualitas udara yang mempengaruhi kesehatan dan perhatian pada gaya hidup lebih ramah lingkungan, koleksi besar ini mewakili upaya kami menjadi yang tercepat sekaligus terlengkap memberi beragam opsi perawatan udara bagi masyarakat Indonesia,” ujar Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia. 

Dari jajaran perangkat pendingin udara (air conditioner – AC) berteknologi inverter yang terbukti lebih hemat listrik, LG siap memperkenalkan AC LG Silent Air. Hadir dalam desain dengan sentuhan pewarnaan matte, kesenyapan sepanjang pengoperasian menjadi salahsatu keunggulan pada AC inverter yang menyasar pasar yang lebih luas ini.

Berkat inovasi LG pada motor dan kompresornya, AC LG Silent Air memiliki tingkat kebisingan hanya 27decibel. “Tingkat kebisingan demikian rendah ini melengkapi kenyamanan penggunaan dari berbagai fitur unggulan didalamnya,” ujar Mike Kim, Product Director Air Solution of LG Electronics Indonesia

Fitur unggulan ini merujuk pada keberadaan pengaturan daya yang membuat pengguna dapat mengoperasikannya dengan daya listrik dibawah kebutuhan normalnya. Terdapat empat tingkat pengaturan daya yang membuat AC Silent Air ini bahkan dapat beroperasi hanya dengan 40% kebutuhan daya listriknya.

Sementara perhatian LG pada aspek kesehatan diwakili dengan keberadaan pre-filter yang siap menjebak partikel debu besar yang dapat dengan mudah dilepas pasang untuk pembersihan mandiri. Disisi lain, fitur Auto Cleaning bekerja mengeringkan embun dalam AC Silent Air yang mencegah pertumbuhan jamur dan berbagai partikel merugikan lainnya dan beresiko untuk lepas melayang bersama udara yang ditiupkan AC ini.

Bicara tentang kapasitas pendinginan, AC LG Silent Air bakal tersedia mulai dari  ½  PK hingga 2 PK. Sementara disisi lain, pada kategori AC standar, LG memperluas pilihan AC LG Hercules. Bila sebelumnya tersedia dalam kapasitas terbesar 1 PK, pada tahun depan LG menyediakannya hingga dalam kapasitas pendinginan 2  PK.

Melengkapi kenyamanan perangkat pendingin udaranya, LG juga menghadirkan varian baru dari LG PuriCare 360° Hit Air Purifier seri (AS60GHWG0). Tergabung dalam koleksi besar perangkat pemurni udara LG, seri AS60GHWG0 ini dikembangkan menjadi versi yang lebih terjangkau dari generasi pertama LG PuriCare 360° Hit Air Purifier yang memang dihadirkan bagi kategori premium.

Meski terjangkau, LG PuriCare 360° Hit Air Purifier seri AS60GHWG0 ini tak kurang tajam dalam kemampuan membersihkan udara dalam ruang dengan jangkauan lebih luas. Hal ini berkat kombinasi bentuk tabung pada tubuh penyangga dengan titik masuk udara mengitarinya dan adanya kipas berbentuk lempengan membundar di bagian atas yang bertugas mengalirkan udara bersih lebih jauh hingga ke sudut-sudut ruang. Berkolaborasi dengan filtrasi didalamnya, filter HEPA miliknya mampu menjebak hingga 99.9% bakteri dan 99.999% dari debu dan allergen berukuran 0.01 µ

Salahsatu hal yang membuat LG PuriCare 360° Hit Air Purifier seri AS60GHWG0 lebih terjangkau ada pada kapasitas pembersihannya yang lebih kecil. Seri baru LG PuriCare 360° Hit Air Purifier tersedia bagi ruang seluas 60 meter persegi.

“Ketersediaan bagi kapasitas ruang lebih kecil ini memungkinkan lebih banyak keluarga Indonesia untuk menikmati teknologi pembersihan udara menyeluruh dalam ruang pada rumahnya,” ujar Mike Kim. 

Berdampingan dengan koleksi produk perawatan udara bagi hunian, LG juga telah bersiap memberi berbagai kebaruan pada perangkat penyejuk udara penunjang bangunan komersial maupun hunian lebih besar. Hal ini dilakukan melalui berbagai pembaruan dalam kategori produk Single Commercial Air Conditioner (SAC). Kategori ini dikenali dengan keterhubungan satu perangkat indoor dengan satu perangkat outdoor, namun dengan ketersediaan kapasitas pendinginan sangat tinggi dibanding varian AC untuk kebutuhan hunian kebanyakan.

Selain ragam produk lebih luas, inovasi LG juga menyentuh pada fleksibilitas penggunaan serta pengembangan keterhubungannya dengan perangkat mobile untuk kenyamanan penggunaan dan memonitor gagal fungsi produk.

Jajaran produk Single Commercial Air Conditioner LG di tahun depan bakal lebih unik, konsep kombinasi unit indoor dan outdoor menjadi lebih fleksibel sesuai kebutuhan pengguna. Pengembangan ini menyederhanakan kombinasi unit outdoor dan unit indoor yang ada. Jika biasanya tiap jenis unit indoor hanya tepat dipasangkan dengan unit outdoor tertentu, tidak demikian halnya dengan produk single LG yang sekarang.

Dengan hanya menyediakan dua grup tipe unit outdoor, ukuran standar atau kompak, pengguna dapat memilih satu unit indoor jenis apapun untuk dapat dikombinasikan hanya diantara dua grup tipe outdoor ini. Jika di waktu mendatang terdapat perubahan kebutuhan, pengguna cukup mengganti dengan jenis unit outdoor yang diinginkan, tanpa harus membeli keseluruhan paket unit indoor dan outdoor baru.

“Dengan fleksibilitas tinggi ini memungkinkan pengguna mendapat kinerja hemat energi sekaligus dalam investasinya sesuai dengan perkembangan kebutuhannya. Memastikan unit benar-benar tepat berjalan sesuai kebutuhan,” ujar Mike Kim. Lebih lanjut ia menyatakan, fleksibilitas kombinasi ini tetap dapat dilakukan meskipun suatu saat pengguna memilih penggantian pada jenis unit indoor.

Apalagi, unit outdoor AC LG ini juga dirancang secara khusus agar memiliki daya tahan yang lebih lama. Diantaranya, mampu bertahan pada suhu luar yang rendah (-15℃) hingga setinggi 50. Disisi lain, Lapisan Gold FinTM mampu melindungi permukaan komponen penukar panas dari korosi dan membantu memperpanjang umur produk. Dan tidak ketinggalan, unit outdoor ini dilengkapi dengan sirkuit elektronik LG yang dapat meminimalkan kerusakan akibat lonjakan tegangan listrik.

Kenyamanan kendali juga bakal menjadi hal istimewa dalam koleksi SAC LG di tahun mendatang. Pemanfaatan Internet of Things (IoT), memungkinkan pengguna varian AC LG untuk bangunan komersial maupun hunian besar ini dapat memiliki kendali pada berbagai fungsi maupun pemantauan kinerjanya dari jarak jauh. “Inovasi LG pada kontrol pendingin udara varian ini memungkinkan penggunanya tetap dapat memperoleh kenyamanan dengan mobilitas yang tinggi tanpa gangguan, dengan tetap scara penuh memegang kendali unit” ujar Mike Kim. 

Saat tengah melakukan aktivitas lain di luar rumah misalnya, keterhubungan dengan WiFi dan aplikasi khusus pada perangkat mobile berbasis Android dan iOS, akan membuat pengguna dapat tetap mengoperasikan unit AC dalam berbagai fungsi dan juga memantau kinerjanya.

Bahkan tidak  hanya untuk pengguna, kendali jarak jauh ini juga memberi kemudahan bagi teknisi. Melalui tambahan modul MV pada perangkat AC dan unduhan aplikasi LGMV pada perangkat mobile berbasis Android dan iOS, teknisi dapat memantau terjadinya gangguan fungsi pada perangkat pendingin udara LG. Tak hanya itu, aplikasi unik ini juga memberikan panduan langkah – langkah yang tepat, untuk melakukan perbaikan sesuai yang diperlukan.

Pada jajaran produk AC LG Air Solution 2023 nanti, LG juga memperkenalkan Air Purification Kit. Sebagai komponen pelengkap pada varian produk 4 way Ceilling Cassette, sesuai namanya, perangkat ini berfungsi sebagai penunjang proses pembersihan udara dalam ruangan. Gabungan perangkat ini berupa sistem penyaringan empat langkah yang disertai kerja ionizer.

Pre-filter pada lapisan terdepan bertugas mengangkat berbagai partikel debu besar. Sementara paduan anion emission dan electric dust filter pada lapis berikutnya menyingkirkan debu berupa partikel halus berukuran hingga dibawah 1 mikrometer atau biasa disebut dalam ukuran Particulate Matters (PM) 1.0. “Ukuran partikel sangat kecil ini tak terlihat namun mampu masuk melalui saluran pernapasan dan membahayakan kesehatan. Inilah yang kerap tak disadari keberadaannya sebagai hal yang merugikan kesehatan di berbagai tempat kita melakukan aktivitas kerja maupun hiburan,” ujar Edy Sucipto, Department Head SAC LG Electronis Indonesia

Terkait cakupan area, Edy Sucipto menyatakan, kemampuan pembersihan melalui penyaringan dari Air Purification Kit ini mampu menjangkau area 140 meter persegi untuk tiap unit AC cassette terpasang. Dengan bentuknya yang menempel di langit-langit yang jelas tidak akan menyita tempat di lantai – sebagaimana air purifier konvensional – membuat AC LG cassette dengan Air Purification Kit ini cocok untuk penempatan di area bisnis seperti restoran maupun sekolah.

Bersama dengan berbagai inovasi perlindungan kesehatan dan kenyamanan penggunaan tadi, LG pun memberikan beragam pilihan unit indoor bagi koleksi LG Air Solution 2023 nanti. Tersebar untuk aplikasi pada berbagai bidang penempatan, ragam unit indoor ini dirancang dengan menggabungkan estetika desain tanpa menanggalkan perhatian pada keunggulan fungsinya.

Tengok saja pada LG Round Cassette. Desainnya yang membundar dengan kombinasi warna hitam dan putih benar-benar meninggalkan desain yang biasa digunakan pada AC berjenis ceiling cassette atau yang biasa ditempatkan pada langit-langit bangunan. Dengan desain yang membuatnya menjadi pemenang Red Dot Design Award ini, LG Round Cassette memainkan peran penting dalam menciptakan estetika interior keseluruhan ruang.

Titik keluarnya udara yang menyelimuti seluruh bagian depannya memungkinkan aliran udara terdistribusi merata tanpa titik buta. Pengguna pun dapat memanfaatkan Crystal Vane sebagai kontrol presisi enam langkah untuk mendistribusikan udara ke bagian tertentu dalam ruang. Dengan kinerjanya ini, kebisingan LG Round Cassette hanya mencapai 39dB atau lebih rendah bahkan dari tingkat kebisingan sebuah perpustakaan yang berada pada kisaran 40dB.

Varian AC ceiling mounted cassette lainnya pun tak kalah canggih. 4-Way ceiling mounted cassette misalnya yang sesuai namanya memiliki empat bagian keluarnya udara, dibuat dengan kemampuan sensor yang dapat mendeteksi keberadaan manusia dan sensor tingkat kelembapan. Bila mengaktifkan sensor keberadaan manusia akan membuat AC berhenti beroperasi setelah beberapa saat tidak mendeteksi keberadaan manusia dalam ruang, sensor kelembapan mengirimkan pesan pada AC ini untuk menyesuaikan kelembapan aliran udara demi menjaga kelembapan ruang.

Bila pengguna lebih memilih penggunaan AC yang menempel pada langit-langit dengan estetika lebih menawan untuk sebuah ruang dalam hunian, pilihannya dapat jatuh pada 1-Way ceiling mounted cassette. Selain desain tipis dan minimalis dengan penampakan warna putih menyaput seluruh tubuh AC pemenang Red Dot Award ini, unit indoor AC LG ini juga memiliki keunggulan pada sistem filtrasi lebih presisi dengan lima langkah.

Proses pembersihan udara dengan lima langkah ini meliputi penghilangan debu, bau, kuman tidak terlihat hingga debu berukuran sangat halus. Ditambah dengan kerja ionizer untuk melumpuhkan virus dan bakteri,“ AC ini menjadi gabungan antara penyejuk udara dan sebuah air purifier yang membersihkan udara sekaligus dalam satu perangkat,” ujar Edy Sucipto, Department Head SAC

Sementara bagi pengguna yang lebih meminati AC berkapasitas pendinginan besar namun tak perlu pekerjaan khusus pada langit-langit rumah atau ruang usahanya, pilihannya ada pada AC LG Floor Standing. AC dengan jenis penempatan berdiri diatas lantai terbaru LG ini bakal membawa inovasi yang salahsatunya pada kekuatan pancaran angin yang dapat mencapai hingga 20 meter. Ditambah dengan gerak pancar udara ke empat arah, 4 way auto swing, memberinya kemampuan untuk mendistribusikan udara sejuk menyaput keseluruhan sisi dalam ruang penempatannya.

Varian unit indoor AC LG tahun 2023 juga bakal menjadi kabar baik bagi pengguna yang memiliki ruang pada langit-langit terbatas. Bila memiliki keinginan untuk menggunakan AC dengan varian Ceiling Concealed Duct atau pemasangan pada bidang dinding yang memanfaatkan ruang dalam langit-langit rumah. LG menawarkannya varian unit indoor AC varian ini dengan dimensi ketebalan lebih tipis dibandingkan varian yang biasa ditemui di pasar.

Yang lebih membuatnya nyaman dalam penggunaan, Ada pada akses mudah dalam mengatur debit udara melalui remote kontrol. Menggunakan fungsi kontrol External Static Pressure, motor dapat mengontrol kecepatan kipas dan debit udara dalam siklus pertukaran udara sepanjang pengoperasian.    Presisi kenyamanan suhu ruang pun dapat dicapai dengan lebih baik melalui penggunaan dua thermistor yang ada pada remote control ataupun yang pada unit indoor. Saat terjadi perbedaan suhu yang signifikan antara suhu udara di langit-langit dan lantai, kedua thermistor akan mengoptimalkan suhu udara dalam ruangan untuk lingkungan yang lebih nyaman.

“Keseluruhan inovasi yang meletakkan kenyamanan pengguna dengan perhatian pada aspek kesehatan dan ramah lingkungan sebagai sentral pengembangannya, akan siap meningkatkan kualitas hidup pengguna melalui keberadaan perangkat perawatan udara dalam ruang yang lebih optimal,” ujar Mike Kim. Lebih lanjut Mike Kim menyatakan, keseluruhan koleksi LG Air Solution 2023 ini akan diperkenalkan secara simultan di pasar Indonesia. Sementara informasi lebih detail terkait termasuk spesifikasi dan harga akan diberikan saat peluncurannya masing-masing nanti. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.