Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kemendikbudristek Gelar Puncak Festival dan Anugerah Merdeka Belajar Hari Ini

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar, hari ini, Jumat (5/7/2024).

Acara yang digelar di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) ini, merupakan gabungan dua kegiatan besar dan menjadi ruang inspirasi, ekspresi dan edukasi bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan.
Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan semangat gotong royong dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan mulai dari Kurikulum Merdeka dan program-program prioritas lainnya yang telah terbukti memberikan manfaat nyata bagi seluruh pemangku kepentingan.
“Puncak Festival Kurikulum Merdeka ini akan menyajikan berbagai kegiatan menarik dan inspiratif. Salah satunya dengan menampilkan 46 karya terpilih dari 43 ribu karya yang telah dikirim oleh pendidik, peserta didik dan orang tua. Para peserta dapat berbagi pengalaman dan praktik baik dalam implementasi Kurikulum Merdeka serta berbagi semangat”, jelas Iwan.

Sedangkan dalam Anugerah Merdeka Belajar, Kemendikbudristek akan memberikan penghargaan untuk pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar. Anugerah Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan apresiasi dan memperkuat dukungan para pemangku kepentingan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan.

Rangkaian acara juga diisi dengan gelar wicara yang akan menghadirkan sosok-sosok inspiratif dari stakeholder pendidikan seperti peserta didik, guru, orang tua, praktisi pendidikan, dan pemerintah daerah. Gelar wicara dipandu oleh Nucha Bachri dan Shahnaz Haque, membahas tentang semangat menciptakan pembelajaran menyenangkan untuk peserta didik dan gotong royong memperkuat ekosistem pendidikan dalam penerapan Kurikulum Merdeka serta Gerakan Merdeka Belajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.