Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Koalisi Besar di Wonogiri, Ramai-Ramai ‘Keroyok’ PDI Perjuangan

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI – Sebanyak 6 partai politik yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Wonogiri beramai-ramai mengeroyok PDI Perjuangan dengan membentuk koalisi besar dalam Pilkada Wonogiri 2024.

Koalisi besar enam partai parlemen non PDI Perjuangan ini sudah ditandatangani pada tanggal 20 Juni lalu dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk melaksanakan deklarasi.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto mengatakan, pembentukan koalisi besar 6 parpol ini merupakan inisiasi dari bawah. Menurutnya, cara ini sebagai upaya untuk memberikan sinyak ke jajaran atas, bahwa 6 partai sudah bersepakat dan siap mengusung pasangan bakal calon.

“Tidak harus menunggu rekomendasi dari pusat dulu, karena itu terlalu mepet waktunya dan tidak harus juga menunggu pasangan calon, yang terpenting adalah menyiapkan kendaraan yang memenuhi syarat terlebih dahulu, sekaligus memberikan dorongan ke jajaran pusat tentang koalisi besar ini”, tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PKS Wonogiri, Ahmad Zarif. Menurutnya, selain 6 parpol di parlemen, juga turut bergabung 11 partai non parlemen dalam koalisi besar yang diberi nama Koalisi Perubahan Untuk Maju.

Ahmad Zanif mengakui, jika sampai saat ini belum ada kesepakatan diantara parpol koalisi besar terkait pasangan bakal calon yang akan diusung. Namun, menurutnya hal tersebut tidak masalah dan akan muncul dengan sendirinya, mengingat beberapa parpol juga sudah melakukan penjaringan bakal calon.

“Untuk deklarasi Koalisi Perubahan Untuk Maju kemungkinan dilaksanakan dalam minggu ini. Soal pasangan bakal calon yang diusung, nanti dirembug lebih lanjut”, ucapnya.

Sebagaimana diketahui PDI Perjuangan mendominasi perolehan kursi di DPRD Wonogiri yaitu sebanyak 27 kursi. Sehingga koalisi besar 6 parpol menyisakan 23 kursi. Jumlah tersebut sudah cukup untuk mengusung pasangan bakal calon. (sumber: solopos)

Leave A Reply

Your email address will not be published.