Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Employee Volunteering Program PLN Icon Plus Di Pantai Wediombo

0

 

 

METROJATENG.COM, GUNUNG KIDUL- PLN Icon Plus sebagai Sub-Holding PT PLN (Persero) menunjukkan komitmen terhadap lingkungan secara berkelanjutan melalui pelaksanaan Employee Volunteering Program (EVP).

Tahun ini, pelaksanaan program berfokus pada Green Employee Involvement yang diselaraskan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan serentak seluruh Strategic Bussines Unit (SBU) di seluruh Indonesia pada 7 Juni 2024.

Berkegiatan di Pantai Wediombo Kabupaten Gunung Kidul, PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Tengah bersama dengan Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo Kabupaten Gunung Kidul, Penewu Girisubo dan Kelompok Sadar Wisata Jepitu bersama-sama melakukan pembersihan sekitar pantai Wediombo.

Selain mengumpulkan sampah di lokasi dekat pantai, diberikan juga tong sampah agar sampah terutama plastik tidak hanyut ke laut dan mencemari biota laut.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon pule dan palem di sekitar Pantai Wediombo. Reboisasi di sekitar pantai ini selain bermanfaat untuk penghijuan pantai yang dapat memberikan kesejukan di tengah terik cahaya matahari, dapat juga memperlambat gelombang tsunami.

Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata lokal dan mancanegara di Kabupaten Gunung Kidul. Pengunjung yang datang ke pantai ini beragam mulai dari menikmati indahnya pasir putih dan sunset, hingga berselancar mengingat Pantai Wediombo memiliki ombak tinggi dan stabil.

Dalam kesempatan yang sama, PLN Icon Plus Regional Jawa Bagian Tengah juga merangkul para pelaku UMKM Binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Ada 4 UMKM yang dilibatkan dalam program ini diantaranya UMKM Surya Silver dengan jenis produk Accesories dan Miniatur dari perak, tembaga dan kuningan; UMKM Seloharjo 84 dengan produk Alat Pertanian dan Pisau Dapur; UMKM Ngasem Bonsai Planting dan yang terakhir UMKM Didik Warsito Desain & Fashion.

UMKM yang hadir merupakan UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Produk-produk UMKM yang terpilih ini nantinya akan didaftarkan di Marketplace PLN Mobile dan selanjutnya akan diberikan pelatihan UMKM.

Di Pantai Wediombo ini juga sudah difasilitasi internet gratis program Kerjasama Dinas Kominfo dengan PLN Icon Plus untuk mendukung fasilitas tambahan di lokasi wisata. Ini menjadikan pengunjung bebas mengakses internet di lokasi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, melalui sambutannya, General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Tengah, Deri Prasetio Utomo menyampaikan bahwa kegiatan Employee Volunteering Program yang dilaksanakan serentak di seluruh unit PLN Icon Plus ini berhasil menjalankan Iconnectivity For Green, Iconnectivity For Human dan Iconnectivity For Indonesia yang merupakan pilar-pilar program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) PLN Icon Plus.

Dengan bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan diharapkan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai. Serta dengan program UMKM Binaan, PLN Icon Plus turut serta dalam mendukung program pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM sehingga memperkuat stabilitas ekonomi daerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.