Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Diperpanjang, Pj Bupati Jepara dan Batang Diminta Serius Tangani Program Prioritas

0

METROJATENG.COM, SURAKARTA – Pj Gubenur Jateng, Nana Sudjana memperpanjang masa tugas Pj Bupati Jepara, Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang, Lani Dewi Rejeki. Keduanya diminta untuk serius menangani program prioritas mulai dari inflasi hingga kemiskinan ektrem.

“Saya sudah menyerahkan SK perpanjangan Pj bupati Jepara dan Pj bupati Batang. SK ini langsung dari Kemendagri. Saya menilai pelaksanaan tugas di Batang maupun di Jepara cukup baik, namun untuk penanganan program skala prioritas tetap harus ditingkatkan”, pesan Nana.

Program priotitas yang harus lebih diperhatikan antara lain meliputi inflasi daerah, penanganan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, penurunan angka pengangguran, serta koordinasi kesiapan pilkada serentak.

Nana mengatakan, saat ini rata-rata inflasi Jateng masih di atas inflasi nasional. Untuk itu, setiap daerah diminta terus berkontribusi dalam menekan inflasi di daerah masing-masing. Selain itu, Nana meminta Pj kepala daerah, untuk memperhatikan masalah kemiskinan. Saat ini, persentase kemiskinan Jawa Tengah masih 10,77 persen. Sedangkan kemiskinan ekstrem masih 1,1 persen.

“Pj bupati di masing-masing kabupaten juga harus memperhatikan dan berkontribusi. Ini program prioritas kita. Anggaran untuk kemiskinan ini harus ditingkatkan betul”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur juga meminta agar angka penganguran dan angka stunting tidak bisa diabaikan. Data BPS menyebutkan, pengangguran terbuka di Jateng pada Februari 2023-Februari 2024 menunjukkan tren menurun. Ini berkaitan erat dengan masuknya investor di Jateng.

“Banyak investor masuk, termasuk juga investor asing. Kita harus manfaatkan untuk mengurangi pengangguran masyarakat”, tuturnya.

Nana mengungkapkan, daya tarik investor untuk datang ke Kabupaten Jepara dan Batang cukup besar. Apalagi di Batang sudah ada Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang terus mencatatkan masuknya investor-investor baru. Di Kabupaten Jepara ada beberapa perusahaan atau pabrik baru pindahan dari provinsi lain yang didirikan.

“Kita harus siapkan keterampilan tenaga kerja kita, agar siap dengan perkembangan industri. Kita harus pandai membaca situasi dan kondisi”, ucap Nana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.