Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Dies Natalis FH UNSOED 2024, Jaksa Agung Sebut Tentang Penegakan Hukum Humanis dalam Seminar Literasi IFG

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Jaksa Agung RI, Prof.ST Burhanuddin menyampaikan, bahwa penegakan hukum ke depan lebih ditekankan pada penegakan hukum yang humanis. Karenanya kolaborasi Kejaksaan RI bersama Kementrian BUMN serta Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN penting, guna terciptanya kompetensi ahli dan profesional hukum di Indonesia dalam pencegahan hukum melalui penindakkan yang konsisten.

“Saya berharap penegakan hukum ke depan itu tidak melulu tentang penangkapan, penahanan, atau penindakan tetapi lebih pada penegakan hukum humanis yang menitikberatkan tentang penyelamatan, pengembalian dan pemulihan aset negara”, kata Burhanuddin, saat menghadiri Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) 2024.

Lebih lanjut Jaksa Agung mengatakan, literasi diharapkan dapat menjadi suatu landasan yang tepat untuk peningkatan kompetensi dan gagasan terbaik mengenai praktik terbaik dalam penegakan hukum di Indonesia. Baik dari sisi institusi, perusahaan maupun pelaku industri.

Dalam seminar tersebut juga mengemuka tentang pilar hukum dalam menata sektor keuangan yang unggul membutuhkan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan literasi demi terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan untuk penegakan hukum yang akuntabel.

Dies Natalis FH UNSOED yang berlangsung di Auditorium Prof. ST Burhanuddin tersebut, juga hadir Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN, Robertus Billitea, Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko dan PLH Dekan FH UNSOED, Dr. Kuat Puji Prayitno SH.MH.

Sinergitas

Robertus Billitea menegaskan, sinergi antara Kejaksaan RI bersama dengan Kementerian BUMN adalah bukti komitmen institusi negara untuk peningkatan kompetensi dan literasi dalam terwujudnya penegakan hukum yang akuntabel.

’Peran BUMN sebagai agent of development dan agent of value creator, tidak hanya bertujuan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, tetapi juga memastikan transformasi BUMN berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, terutama dalam kepatuhan hukum’’, tuturnya.

Sebagai informasi, Dies Natalis FH UNSOED 2024 dimeriahkan dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan seminar dan forum diskusi yang salah satu tujuan dari kegiatan adalah menghasilkan rekomendasi yang konkret untuk memperkuat sinergitas Kementerian BUMN dan Kejaksaan RI dalam penguatan tata kelola BUMN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.