Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kapolda Jateng : Berdayakan Tiga Pilar Untuk Menyelesaikan Masalah

0

METROJATENG.COM, JEPARA – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengintruksikan kepada jajarannya untuk lebih memberdayakan tiga pilar dalam menyelesaikan permasalahan dan tidak langsung main pidana. Tiga pilar yang dimaksud adalah Muspika, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Jangan sedikit-sedikit pidana, tetapi upayakan terlebih dahulu penyelesaikan dengan memberdayakan tiga pilar”, kata Kapolda saat safari kamtibmas di Jepara, Minggu (12/5/2024).

Kapolda menyatakan, pihaknya sangat tidak bangga menghukum masyarakat. Namun, di sisi lain masyarakat juga harus diedukasi untuk sadar hukum dan menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan Restorasi Justice.

“Hari ini saya bangga sekali karena telah berkumpul tiga pilar yang merupakan representasi negara sebagai mata tombak dalam menjaga harkamtibmas dan pembangunan nasional“, tuturnya.

Lebih lanjut Luthfi menyampaikan, pentingnya peran tiga pilar dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat. Menurutnya, rasa aman merupakan investasi yang harus diberikan dengan cara apapun, Sebab, pembangunan hanya bisa berjalan bila ada jaminan rasa aman. Dan para Bhabinsa, Bhabinkamtibmas serta petinggi merupakan aset negara dalam rangka menciptakan rasa aman.

“Kapolres berdiri dan dengarkan, saya tidak mau kalau ada permasalahan di desa sedikit-sedikit pidana, cukup diselesaikan oleh kepala desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas“,  tegas Ahmad Lutfhi.

Di akhir sesi dialog Kapolda Jateng menyatakan harapan dan penekanan nya terkait keamanan dan pelayanan kepada masyarakat di Jepara

“ Saya tidak ingin wilayah Jepara terjadi konflik horizontal dan komunal yang di akibatkan kita tidak memahami tugas pokok, oleh karena itu tiga harus terus bersinergi sesuai dengan tugas pokoknya masing masing“, pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.