Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Burung Jalak Putih ‘Si Japut’ Maskot Pilkada Wonogiri

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri telah menetapkan maskot Pilkada 2024, yakni seekor burung  jalak putih yang dinamai Si Japut dengan maksud ‘jangan Golput’.

‘’Maskot yang kami pilih adalah burung jalak putih, fauna identitas Wonogiri. Hewan yang hampir punah ini kami ambil untuk mengingatkan kembali identitas Wonogiri. Melalui maskot ini, kami mengingatkan pentingnya melestarikan demokrasi otentik yang ada di Wonogiri, yaitu gotong royong’’, jelas Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha yang didampingi anggota KPU Wonogiri, Doni Hafidian, Kamis (2/5/2024) malam.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa KPU terinsipirasi ‘Tri Dharma’ Pangeran Sambernyawa. Yaitu Wajib Melu Handarbeni, Melu Hangrukebi, Mulat Sarira Hangrasawani. ‘’Cerita dan nilai-nilai tentang Pangeran Sambernyawa menjadi bagian dari narasi identitas masyarakat Wonogiri. Dalam ajaran tersebut terkandung nilai-nilai solidaritas, loyalitas, kebersamaan dan demokrasi otentik atau demokrasi substantif’,’ imbuhnya.

Untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, lanjutnya, KPU memilih tagline Handarbeni, Hangrukebi, Hangrasawani. Harapannya agar dapat menggugah semangat partisipasi masyarakat, memperkuat identitas proses demokrasi, dan menyampaikan pesan-pesan penting terkait keberagaman, keadilan, dan pentingnya memilih pemimpin yang berkualitas.

Lebih lanjut Satya juga memaparkan, ‘’Kita telah lalui proses Pemilihan Presiden dan legislatif tahun 2024 dengan  baik. Angka Partisipasi Pemilih Wonogiri tahun ini mencapai 77,14%. Meningkat 4% dari sebelumnya. Sukses ini adalah sukses kita semua. Inilah yang dinamakan sinergi dan kebersamaan. Sinergi kebersamaan antara penyelenggara Pemilu, Forkompimda, peserta Pemilu dan tentu saja  semua warga masyarakat Wonogiri’’.

Menurut Satya, rangkaian Pemilu 2024 belum selesai. Masih ada satu gawe besar lagi, yaitu Pilkada serentak. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati. Secara serentak akan dilangsungkan di seluruh Indonesia. Catat hari dan tanggalnya: Rabu Pon, tanggal 27 November 2024.

Leave A Reply

Your email address will not be published.