Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pertama Digelar, Peserta Purwokerto Half Maraton 2024 Membludak

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Untuk pertama kalinya, Kabupaten Banyumas menggelar event lari tingkat nasional. Event yang bertajuk Purwokerto Half Maraton 2024 tersebut, akan digelar tanggal 12 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Drs.Setia Rahendra MSi mengatakan, pihaknya mentargetkan 3.000 peserta. Dan saat ini jumlah peserta yang mendaftar Purwokerto Half Maraton 2024 sudah melebihi 3.000.

“Ini event nasional lari pertama di Banyumas, sehingga jumlah peserta memang dibatasi. Banyak peserta lokal yang meminta ikut, namun kuota sudah habis. Dari laporan panitia 75% peserta berasal dari luar Banyumas”, terangnya, Senin (22/4/2024).

Purwokerto Half Maraton 2024 merupakan event dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, sebagai kegiatan sport tourism yang tahun ini dilaksanakan di Banyumas. Event ini mengambil tempat Menara Teratai sebagai start dan finish, dengan rute pilihan 5 KM, 10 KM dan 21 KM.

“Ini sebagai cek ombak awal, jika sukses maka bukan tidak mungkin tahun depan event propinsi ini akan kembali digelar di Banyumas. Atau pilihan lainnya, kita bisa menggelar sendiri event nasional dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten”, terang Rahendra.

Libatkan UMKM

Gelaran Purwokerto Half Maraton 2024 juga merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banyumas. Dua hari sebelum acara digelar, Menara Teratai sudah diramaikan dengan bursa UMKM serta seni pertunjukan. Beragam UMKM mulai dari kuliner, kerajinan hingga fashion diberi kesempatan untuk turut meramaikan event nasional tersebut.

“Selain memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, event ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Banyumas. Banyak pihak yang tersentuh dengan event ini, mulai dari kalangan perhotelan, restoran, UMKM, seniman dan lainnya. Dan terlepas dari itu, juga membuat Banyumas semakin dikenal luas baik di dunia olahraga maupun pariwisata”, kata Rahendra.

Untuk bursa UMKM akan mulai digelar pada tanggal 10 Mei 2024 hingga event berlangsung tanggal 12 Mei 2024. Terkait persiapan pengamanan, Dinporabudpar Banyumas sudah berkoordinasi dengan Polresta Banyumas, Kodim 071/Banyumas serta Satpol PP Banyumas. Sepanjang jalur yang digunakan kemungkinan juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Kita sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk kemanan dan ketertiban acara. Nantinya sepanjang jalan juga akan diramaikan oleh anak-anak sekolah yang memberikan semangat kepada para peserta”, pungkasnya. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.