Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Tekan Angka Putus Sekolah, Dinas Pendidikan Kota Semarang Luncurkan Gerbang Harapan

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang akan meluncurkan program Gerakan Bersama Orang Tua Asuh untuk Pengembangan Hari Masa Depan (Gerbang Harapan) untuk membantu anak-anak yang putus sekolah. Dalam program ini, masyarakat Kota Semarang yang mampu diajak untuk menjadi orang tua asuh.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramushinto mengatakan, program Gerbang Harapan dimaksudkan untuk membantu siswa-siswi yang kurang mampu dan putus sekolah supaya angka putus sekolah bisa kita tekan dan supaya angka partisipasi murni meningkat.

“Program ini akan segera kami launching pada tanggal 2 Mei 2024 mendatang”, ucapnya.

Lebih lanjut Bambang menyatakan, angka partisipasi di Kota Semarang sebenarnya sudah tinggi yaitu mencapai 97 persen. Tetapi pihaknya mentargetkan angka partisipasi hingga 100 persen. Dari pengamatan dinas, yang menjadi fokus adalah kemampuan siswa untuk memenuhi kebutuhan penunjang sekolah seperti seragam, buku-buku, alat tulis dan lain-lain.

“Di sekolah negeri SPP tidak bayar, tinggal kebutuhan penunjang tersebut yang perlu diperhatikan. Maka dari itu kami mengajak orang-orang yang mampu seperti pengusaha dan pejabat untuk ikut serta dalam program ini”, jelasnya.

Negeri dan Swasta

Bambang menambahkan, program ini bukan hanya diperuntukkan bagi siswa sekolah negeri saja, namun siswa sekolah swasta juga boleh dibantu. Selanjutnya,cDinas Pendidikan Kota Semarang akan menyusun data siswa-siswi yang kurang mampu kemudian akan ditawarkan kepada masyarakat.

“Tapi untuk pilotingnya kami akan tawarkan kepada pejabat-pejabat Pemkot Semarang yang sudah eselon sebagai pelopor”,tuturnya.

Sebagai catatan, Dinas Pendidikan tidak meminta atau mengumpulkan dana dari para donator. Dinas hanya mempertemukan siswa dan orang tua asuhnya kemudian bantuan bisa diserahkan langsung secara personal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.