Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Abdul Kholik Dorong Pengembangan 3 Sektor di Jateng Selatan

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Abdul Kholik mendorong wilayah-wilayah di Jawa Tengah bagian selatan (Jasela) untuk berkolaborasi mengembangkan tiga sektor yaitu maritim, pertanian dan pariwisata.

“Tiga hal tersebut harus diarus utamakan, dengan berkolaborasi semua kabupaten, sehingga mampu mengangkat daerah ke kancah regional maupun nasional”, kata Abdul Kholik di sela-sela acara silaturahmi dan dialog pengembangan potensi ekonomi kawasan Jateng bagian selatan di Purwokerto, Kamis (18/4/2024).

Menurutnya, jika masing-masing daerah menjadikan tiga hal tersebut menjadi prioritas, maka wilayah Jateng selatan akan menjadi kawasan yang berkembang yang mempunyai potensi unggulan.

“Kemarin saya berkunjung ke Koperasi Mino Sroyo Saroyo Cilacap, dimana kapal melaut selama 3 bulan mendapatkan hasil hingga Rp 3-4 miliar satu kapal. Artinya potensi maritim Jateng selatan sangat besar dan harus menjadi prioritas wilayah-wilayah di Jateng selatan”, ucapnya.

Penguatan sektor maritim, lanjutnya, harus diwujudkan. Dimana di bawah melakukan penangkapan dan di atas melakukan budidaya. Kholik juga mendorong agar marimis masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Karena itulah kita butuh berdiskusi dengan kabupaten-kabupaten di Jateng selatan, sekaligus juga kita undang tokoh-tokoh yang mempunyai prospektif untuk maju dalam pilkada, semua kita ajak diskusi visi Jateng selatan ke depannya”, kata Kholik.

Terkait kehadiran Ketua Umum Serulingmas, Wisnu Suhardono, Kholik mengatakan, selama ini Serulingmas sudah membuat kerja holistik untuk menyatukan kawasan Jateng selatan. Ia mencontohkan, di Banjarnegara Serulingmas mempunyai kebun binatang, di Purbalingga ada desa wisata, di Banyumas ada Monumen Pangsar Soedirman dan di Cilacap ada STIKES Serulingmas serta Museum Soesilo Sudharman.

“Serulingmas juga memiliki tokoh-tokoh yang mempunyai jaringan luas, sehingga kita membutuhkan campur tangannya untuk menunjang rencana penguatan wilayah Jateng selatan ini”, tuturnya.

Siap Mendukung

Sementara itu, Ketua Serulingmas, Wisnu Suhardono mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya Kholik dalam kapasitasnya sebagai anggota DPD RI yang ingin memperkuat perkembangan Jateng selatan. Serulingmas, lanjutnya, siap membantu dari semua sisi, termasuk jika membutuhkan back up akses kepada pemangku kebijakan.

“Jika butuh ke Bapenas akan kita back up, jika butuh ke Kementrian PU, Kemenkeu bahkan ke presiden terpilihpun, yang merupakan putra Banyumas, akan kita back up, karena gagasan pengembangan Jateng selatan ini sangat bagus dan membawa manfaat bagi banyak orang”, ucap Wisnu.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.